Workshop Sistem Informasi Penanggulangan Krisis Kesehatan Tahun 2018

Share
By Julianto Prabowo March, 08 2018 Kegiatan Pusat Krisis Kesehatan
Workshop Sistem Informasi Penanggulangan Krisis Kesehatan Tahun 2018

Salah satu upaya penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana adalah melakukan pemantauan dan melaporkan permasalahan kesehatan yang timbul akibat bencana tersebut. Informasi yang dilaporkan diantaranya adalah jenis bencana yang telah terjadi, jumlah korban, sarana kesehatan yang rusak serta upaya penanggulangan krisis yang telah dilakukan.

 

Selanjutnya, informasi tersebut dapat digunakan sebagai bahan masukan dan referensi oleh pembuat kebijakan maupun pengelola program untuk menentukan upaya yang perlu dilakukan tidak hanya dalam rangka penanganan tanggap darurat krisis kesehatan, namun juga upaya pengurangan risiko maupun upaya pasca krisis kesehatan.

 

Untuk memperoleh data dan informasi secara cepat dan tepat, dibutuhkan sebuah sistem informasi online dan terhubung hingga ke tingkat Kabupaten. Hal ini mempermudah koordinasi penanggulangan krisis kesehatan antara Pusat dan Daerah. Saat ini Pusat Krisis Kesehatan sudah memiliki Sistem Informasi yang dinamakan Sistem Informasi Penanggulangan Krisis Kesehatan (SI-PKK). Laporan kejadian bencana/krisis kesehatan dapat dilaporkan melalui sistem ini,  maupun secara manual melalui email atau laporan  aplikasi SI-PKK berbasis android.

SIstem informasi yang di miliki Pusat Krisis Kesehatan perlu didukung sumber daya manusia yang kompeten untuk memanfatankan dalam  melaporkan   kejadian bencana dan krisis kesehatan serta upaya yang dilakukan. Sasaran utama adalah para petugas kesehatan pengelola krisis kesehatan didaerah. Untuk meningkatkan kapasitas petugas kesehatan di daerah dalam memanfaatkan SI-PKK , maka diperlukan suatu pelatihan kepada para petugas tersebut dalam bentuk workshop  Sistem Informasi Penanggulangan Krisis Kesehatan.

 

Di tahun anggaran 2018 ini, workshop Sistem Informasi Penanggulangan Krisis Kesehatan diselenggarakan pada tanggal 6-9 Maret 2018 di Hotel Sofyan Inn, Jakarta dengan peserta sebanyak 35 orang yang berasal dari 34 Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota rawan bencana. target program kerja Pusat Krisis Kesehatan. Narasumber yang diundang untuk mengisi pelatihan ini berasal dari berbagai instansi diantaranya dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, Pusat Krisis Kesehatan dan Media Cipta Informasi. Materi yang disampaikan diantaranya Kebijakan Penanggulangan Krisis Kesehatan, Peran system informasi dalam penaggulangan krisis kesehatan, Manajemen data dan informasi bencana serta strategy komunikasi krisis kesehatan, serta tekhnik pembuatan infografis

 

Pada pelatihan ini, selain diberikan pemaparan oleh narasumber, peserta juga mempraktekkan pelaporan kejadian krisis kesehatan dengan menggunakan SI-PKK. Di hari akhir pelatihan, akan dilaksanakan simulasi pelaporan kejadian krisis kesehatan menggunakan SI-PKK.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait