3 Hal Sederhana Menjaga Lingkungan

Selasa, 23 Maret 2021

113

3 Hal Sederhana Menjaga Lingkungan

Kerusakan Lingkungan merupakan proses penurunan mutu lingkungan hidup. Kerusakan lingkungan hidup ditandai dengan berkurangnya sumber daya air, tanah, udara, serta punahnya flora dan fauna.

Faktor penyebab kerusakan lingkungan terbagi menjadi dua, yaitu faktor alam dan faktor manusia. Faktor alam merupakan kerusakan yang terjadi secara alamiah seperti Letusan gunung berapi, angin puting beliung, gempa bumi, tsunami dan bencana alam lainnya. Sedangkan faktor manusia merupakan kerusakan alam yang dipicu oleh aktivitas dan perbuatan manusia yang tidak ramah lingkungan seperti penebangan liar, membuang sampah sembarangan, pembakaran hutan dan lainya.

Dampak dari kerusakan lingkungan sangat merugikan manusia dalam seluruh aspek kehidupan seperti kesehatan, ekonomi, sosial, dan sebagainya. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga lingkungan agar keberlangsungan hidup dapat terjaga.

Berikut adalah 3 hal sederhana yang dapat kita lakukan dalam menjaga lingkungan agar terhindar dari kerusakan.

1. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Membuang sampah sembarangan dapat menyebabkan kerusakan lingkungan, apabila musim hujan dapat menyebabkan banjir, sedangkan musim kemarau sampah yang dibuang ke aliran sungai dapat membuat air tercemar dan air bersih sulit didapatkan. Selain itu membuang sampah ke selokan akan membuat selokan menjadi sumber penyakit.

Oleh sebab itu, biasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya apabila memungkinkan pilih sampah organik dan anorganik supaya dapat dimanfaatkan dengan baik.

2. Bijak Dalam Penggunaan AC atau Pendingin Ruangan

AC atau pendingin ruangan biasa digunakan di ruangan yang memiliki ventilasi kurang baik atau di ruangan yang panas akibat cuaca. Pendingin ruangan atau AC menggunakan bahan CFC yang menghasilkan karbondioksida. Apabila karbondioksida semakin tinggi produksinya maka akan mempengaruhi atmosfer bumi sehingga terjadi pemanasan global.

Oleh sebab itu, bijak dalam penggunaan AC atau pendingin ruangan dapat meminimalisir produksi karbondioksida sehingga pemanasan global dapat dicegah.

3. Hemat Penggunaan Listrik

Penggunaan listrik yang berlebihan juga akan merusak atmosfer bumi, energi yang diciptakan untuk membuat aliran listrik sangat mempengaruhi lapisan atmosfer sehingga dapat menciptakan pemanasan global.

Oleh karena itu menghemat penggunaan listrik dapat meminimalisir penggunaan energi dalam membuat aliran listrik sehingga pemanasan global dapat dicegah.