3 Langkah yang Harus Diperhatikan Sebelum Terjadi Tsunami

Wednesday, 06 October 2021

16

3 Langkah yang Harus Diperhatikan Sebelum Terjadi Tsunami

Terjadinya gempa bumi tektonik dan vulkanik merupakan hal yang sangat sering terjadi di Indonesia, hal ini disebabkan oleh kondisi wilayah Indonesia yang terletak pada pertemuan empat lempeng tektonik yaitu lempeng Benua Asia, Benua Australia, lempeng Samudera Hindia dan Samudera Pasifik serta adanya sabuk vulkanik (volcanic arc) yang terdapat pada bagian selatan dan timur Indonesia. Dengan adanya kondisi tersebut, selain gempa bumi, Indonesia juga rawan akan terjadinya tsunami.

Tingginya potensi bencana tsunami tersebut, harus mendapatkan perhatian khusus dari masyarakat dan pemerintah agar dapat melakukan langkah-langkah preventif sehingga bencana tsunami tidak memakan banyak korban jiwa. Adapun langkah-langkah tersebut diantaranya adalah :

  1. Pembangunan sistem peringatan dini untuk bencana tsunami
  2. Meningkatkan pengetahuan masyarakat lokal, khususnya yang tinggal di daerah pinggir pantai mengenai bahaya nya tsunami.
  3. Melakukan sosialisasi mengenai langkah yang harus dilakukan ketika tsunami datang.

Dengan menekankan hal tersebut sebelum datangnya tsunami, diharapkan mampu memberikan pengetahuan yang baik kepada masyarakat tentang apa yang perlu dilakukan ketika tsunami terjadi, sehingga kecil kemungkinan jatuhnya korban jiwa saat tsunami menerjang daerah tersebut. Bagi masyarakat yang mengalami luka-luka pada saat proses evakuasi tsunami, diharapkan dapat segera melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat agar mendapatkan penanganan yang baik dan tepat.

Sumber :

1. https://www.bnpb.go.id/siaga-bencana/siaga-bencana-tsunami

2. https://bnpb.go.id/potensi-ancaman-bencana