3 Tujuan Penting Mitigasi Bencana

70

3 Tujuan Penting Mitigasi Bencana

Apa itu Mitigasi Bencana? Untuk beberapa orang mungkin akan mengalami kesulitan dalam menjelaskan dan bahkan tidak mengetahui mengenai mitigasi bencana. Padahal, mitigasi bencana memiliki peran yang sangat penting dalam situasi bencana.

Mitigasi bencana adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk mengurangi adanya resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun peningkatan kemampuan dan kesadaran kepada masyarakat mengenai ancaman bencana. Melihat pengertian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa mitigasi bencana memiliki peran yang penting dalam melakukan penurunan risiko dan penanganan bencana.

Dalam penerapannya, Mitigasi bencana memiliki berbagai tujuan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mengurangi dampak yang ditimbulkan, khususnya bagi penduduk,

  2. Sebagai landasan (pedoman) untuk perencanaan pembangunan,

  3. Meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam menghadapi serta mengurangi dampak/risiko bencana, sehingga masyarakat dapat hidup dan bekerja dengan aman.

Dengan adanya kegiatan mitigasi bencana tersebut, diharapkan mampu memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai apa yang harus dilakukan pada saat sebelum, saat terjadi, dan setelah terjadinya bencana. Sehingga dengan demikian, peminimalisiran jumlah korban saat terjadinya bencana dapat tercapai.

Tetap waspada dan mengikuti arahan pihak yang berwenang saat terjadi bencana, serta bersegera dalam melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan yang tidak terdampak apabila mengalami gejala penyakit dan cedera saat melakukan evakuasi bencana.