4 Poin Penting dalam Menggunakan Masker

183

4 Poin Penting dalam Menggunakan Masker

Peningkatan kasus COVID-19 kembali terjadi tidak hanya di dunia, namun juga di Indonesia. Data menunjukkan per tanggal 12 Juli 2022, Indonesia mengalami kenaikan hingga mencapai 3 ribu kasus dalam 1 hari, atau tepatnya 3.361 kasus. Melihat hal tersebut, penting bagi kita untuk tetap disiplin dalam menerapkan berbagai instrumen pencegahan dan pengendalian COVID-19.

Seperti yang telah disebutkan, bahwa terdapat beberapa instrumen pencegahan COVID-19, salah satunya adalah menggunakan masker saat berada di ruangan terbuka maupun di ruangan tertutup yang minim ventilasi. Dengan menggunakan masker, maka kita dapat menghalangi proses masuknya virus ke dalam tubuh kita melalui hidung dan mulut.

Cara Menggunakan Masker Sesuai Arahan WHO

Pada prakteknya, cara penggunaan masker tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Dengan demikian, berikut ini adalah cara menggunakan masker sesuai dengan anjuran WHO yang harus kamu ketahui, diantaranya adalah:

  1. Ingat untuk selalu mencuci tangan sebelum memakai masker, juga sebelum dan sesudah melepasnya, dan setelah menyentuhnya setiap saat

  2. Memastikan masker menutupi seluruh area hidung, mulut, dan dagu

  3. Saat melepas masker, simpan dalam kantong plastik bersih. Jika masker kain, cuci setiap hari, atau buang masker medis di tempat sampah.

  4. Jangan gunakan masker yang memiliki katup udara

Penggunaan masker yang baik dan benar, merupakan kunci perlindungan dari COVID-19, karena hanya dengan mengikuti cara menggunakan masker sesuai arahan WHO, perlindungan dari COVID-19 yang akan masuk ke area hidung dan mulut akan dapat dihindari.

Jangan lupa untuk mengikuti program vaksinasi dosis primer maupun booster untuk meminimalisir hospitalisasi, kesakitan, hingga kematian akibat COVID-19.

Segera lakukan isolasi mandiri dan melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan melalui fitur telemedicine apabila mengalami gejala COVID-19, agar bisa segera mendapatkan penanganan yang cepat, tepat, dan sesuai dengan prosedur penanganan pasien COVID-19.