5th Regional Cillaboration Drill (RCD) ASEAN di Kuala Lumpur, Malaysia

1,001

5th Regional Cillaboration Drill (RCD) ASEAN di Kuala Lumpur, Malaysia

Anggota TCK-EMT Regional PKK menjadi EMT perwakilan Indonesia pada kegiatan simulasi penanggulangan bencana 5th Regional Cillaboration Drill (RCD) ASEAN di Kuala Lumpur Malaysia tanggal 25 - 28 September 2023.

Kegiatan simulasi penanggulangan bencana 5th RCD ASEAN ini merupakan kegiatan penguatan mekanisme kolaborasi regional serta peningkatan kapasitas negara-negara ASEAN dalam disaster health management (ARCH Project Phase-2).

Kegiatan RCD ini juga merupakan salah satu bentuk implementasi kerjasama antara ASEAN dengan pemerintah Jepang dan Thailand dalam rangka menjalankan amanat “Plan of Action to implement the ASEAN Leader’s Declaration on Disaster Health Management 2019-2025”,  yang bertujuan untuk menguji coba mekanisme kolaborasi yang telah dikembangkan.

The 5th RCD ini sedang diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia, dengan
mengundang Emergency Medical Team (EMT) dari negara-negara anggota ASEAN, termasuk Indonesia, dan Jepang.

Pada kesempatan simulasi kebencanaan level Internasional ini, Indonesia mengirimkan TCK-EMT Regional PKK yang terdiri dari 2 dokter, 2 perawat dan 1 tenaga farmasi yang akan menjalankan simulasi kebencanaan dengan memberikan pelayanan kesehatan di klinik kesehatan tipe 1 fixed, di area bencana banjir di Klang Valley Malaysia.