Bakti Sosial Kesehatan TCK EMT Regional DKI Jakarta di SMPN 7 Kota Depok

193

Bakti Sosial Kesehatan TCK EMT Regional DKI Jakarta di SMPN 7 Kota Depok

Alumni SMPN 7 Depok bekerja sama dengan Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI (TCK-EMT regional DKI Jakarta), Dinas Kesehatan Kota Depok (Puskesmas Mekarsari), dan Palang Merah Indonesia, menggalang suatu kegiatan bakti sosial kesehatan dengan sasaran kegiatan alumni SMPN 7 Kota Depok dan masyarakat sekitarnya. Terdapat total 101 peserta pada kegiatan bakti sosial kesehatan tersebut.

Jenis pelayanan kesehatan yang diberikan di antaranya adalah: donor darah, pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan gula dan kolesterol darah, serta pemberian vitamin C injeksi. Perihal sistem alur kerja, panitia menata 2 meja untuk dijadikan sebagai tempat pendaftaran dan pemeriksaan tekanan darah peserta. Kemudian peserta donor darah akan diarahkan ke ruang donor darah dan selanjutnya berpindah ke ruang pemeriksaan gula dan kolesterol darah, pemeriksaan fisik, serta pemberian vitamin C injeksi. Sedangkan bagi peserta yang tidak bersedia atau tidak dapat melakukan donor darah, akan langsung di arahkan ke ruangan pemeriksaan gula dan kolesterol darah, pemeriksaan fisik, serta pemberian vitamin C injeksi, oleh panitia.

TCK-EMT Regional DKI Jakarta sendiri bertugas sebagai tenaga kesehatan di ruangan pemeriksaan fisik dan pemberian vitamin C injeksi. Sistem alur kerja yang dibentuk oleh TCK-EMT Regional DKI Jakarta adalah pertama-tama melakukan pemeriksaan fisik secara umum dan screening kebisaan mendapatkan injeksi vitamin C, dengan memperhatikan indikasi dan kontraindikasi dari injeksi vitamin C secara ketat.

Secara garis besar acara dapat dinilai sukses karena berjalan dengan lancar; bermula dan berakhir sesuai pada waktunya; serta memenuhi target output dan outcome kegiatan.