Bantuan Oksigen dari India untuk Indonesia Dikirim Menggunakan Kapal Perang INS Airavat

Sabtu, 24 Juli 2021

258

Bantuan Oksigen dari India untuk Indonesia Dikirim Menggunakan Kapal Perang INS Airavat

Jakarta, 24 Juli 2021

Seiring dengan lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia, banyak pasien yang di rawat membuat rumah sakit kekurangan penyediaan logistik kesehatan salah satunya dalam penyediaan oksigen. Hal ini membuat Pemerintah India sebagai negara sahabat mengirimkan bantuan untuk Pemerintah Indonesia sebagai bentuk dukungan dan solidaritas saling membantu pada saat pandemi melanda negara masing-masing.

Sabtu (24/7) bantuan yang dibawa oleh Kapal INS airavat L24 dari India tiba di Pelabuhan Tanjuk Priok. Bantuan yang diberikan berupa 300 unit oksigen konsentrator dan 100 metrik ton oksigen cair.

Serah terima bantuan dihadiri oleh Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan, Dr. dr. Eka Jusup Singka, M.Sc, Dubes India untuk Indonesia , Manoj Kumar Bharti, Direktur Asia Selatan Tengah, Jatmiko Heru Prasetyo, Danlantamal III, Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P serta para undangan lainnya.

Penyerahan bantuan diserahkan oleh Dubes India untuk Indonesia kepada Kepala Pusat Krisis Kesehatan secara simbolis dan selanjutnya dilakukan proses debarkasi atau penurunan bahan bantuan oleh pihak Pelabuhan Tanjuk Priok.

Diharapkan bantuan yang diberikan oleh negara sahabat ini dapat membantu upaya penanggulangan pandemi COVID-19 di tanah air, serta turut mencerminkan hubungan baik Indonesia dan India.