Dampak Karhutla Bagi Kesehatan Masyarakat

326

Dampak Karhutla Bagi Kesehatan Masyarakat

Apa itu KARHUTLA? Pertanyaan tersebut mungkin masih banyak masyarakat yang belum bisa menjawabnya. Padahal, Karhutla sering terjadi di beberapa titik wilayah Indonesia, terutama ketika memasuki musim kemarau panjang. Kasus karhutla pada umumnya banyak terjadi di wilayah Indonesia yang memiliki luas lahan dan hutan cukup luas.

KARHUTLA adalah singkatan dari kebakaran hutan dan lahan. Fenomena tersebut merupakan kondisi dimana terbakarnya hutan dan/atau lahan, baik secara alami maupun perbuatan manusia yang mengakibatkan adanya kerusakan lingkungan dan berdampak pada kerugian ekologi, ekonomi, maupun sosial budaya dan politik.

Dampak Karhutla Bagi Kesehatan

Tidak berhenti sampai disitu, dampak karhutla bagi kesehatan juga dapat dirasakan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Iritasi selaput lendir, seperti mata, hidung, tenggorokan

  2. Sakit kepala

  3. Mual

  4. Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA)

  5. Terganggunya kesehatan paru-paru dan jantung

Dampak karhutla bagi kesehatan masyarakat diatas perlu diketahui masyarakat, dan diharapkan mampu memberikan gambaran mengenai pentingnya kita menjaga alam disekitar kita, sehingga kebakaran hutan dan/atau lahan dapat diminimalisir.

Tetap terapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan bersegera dalam melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan yang tidak terdampak apabila mengalami gejala penyakit yang telah disebutkan diatas, agar bisa segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat dari tenaga kesehatan.