Geladi Kotor Simulasi Penanggulangan Krisis Kesehatan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami

108

Geladi Kotor Simulasi Penanggulangan Krisis Kesehatan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami

Geladi Kotor Simulasi Penanggulangan Krisis Kesehatan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami

 

Bali, 18 Mei 2022

 

Kegiatan geladi kotor untuk simulasi penanggulangan krisis kesehatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Mei 2022 setelah pelaksanaan drill teknis medis yang telah dilakukan dihari yang sama di RS Universitas Udayana Bali dengan menggunakan bagian gedung perawatan. Selain itu, di lokasi juga didirikan tenda untuk Health Emergency Operational Center (HEOC) dan Disaster Medical Teams (DMTs).

 

Para peserta yang terlibat melatih peran sesuai dengan penugasan dalam skenario geladi, yaitu sebagai petugas kesehatan di lokasi Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) Ke-7, korban, tenaga evakuasi, pengamanan, DMTs, petugas HEOC, Kepala Dinas Kesehatan dan pihak terkait. Simulasi ini juga melibatkan para anggota Pokja (Kelompok Kerja) DMTs sebagai sub-pengendali dan observer geladi yaitu:

  1. di lokasi pertemuan GPDRR oleh MSF
  2. di HEOC oleh Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC)
  3. di Pos Kesehatan oleh Persatuan Dokter Spesialis Bedah Umum Indonesia(PABI)
  4. di lokasi pengungsian oleh International Committee of the Red Cross (ICRC)

 

Geladi kotor ini juga melibatkan berbagai sektor lain, sesuai peran dan fungsi masing-masing yaitu TNI, POLRI, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Search and Rescue (SAR), dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).