Indonesia Terpilih sebagai The Host Country of ASEAN Institute on Disaster Health Management (AIDHM)

83

Indonesia Terpilih sebagai The Host Country of ASEAN Institute on Disaster Health Management (AIDHM)

Jakarta, 07 April 2022

 

Dalam rangka meningkatkan ketahanan kesehatan terutama dalam penanganan bencana, Indonesia sebagai anggota ASEAN mengikuti Third Meeting of The Regional Coordination Committee on Disaster Health Management (RCC-DHM) yang dilaksanakan secara daring oleh ASEAN Secretariat pada tanggal 07 April 2022. Pertemuan ini dihadiri oleh perwakilan seluruh negara anggota ASEAN, Sekretariat ARCH Project, Japan International Cooperation Agency (JICA), ASEAN Secretariat (ASEC), dan RCC-DHM Secretariat. Delegasi Indonesia terdiri dari Pusat Krisis Kesehatan, Pusat Kebijakan Kesehatan Global dan Teknologi Kesehatan dan Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK-KMK Universitas Gadjah Mada.

 

Pertemuan ini merupakan kelanjutan dari rapat kedua RCC-DHM yang telah dilaksanakan pada 9 Desember 2020 yang diadakan melalui daring.  Dalam pertemuan ketiga kali ini ASEAN Secretariat memberikan pengarahan tentang kemajuan proses pemilihan Negara Tuan Rumah untuk ASEAN Institute on Disaster Health Management (AIDHM) yang merupakan lanjutan dari pertemuan sebelumnya. Indonesia  terpilih sebagai The Host Country of ASEAN Institute on Disaster Health Management (AIDHM) dan mempresentasikan usulan rencana pembentukan, pengoperasian, dan keberlanjutan AIDHM kedepannya serta lokasi sekretariat AIDHM di Indonesia yang akan bertempat di Universitas Gadjah Mada (UGM).

 

Berdasarkan pertemuan ini diharapkan anggota ASEAN memberikan tanggapan untuk Indonesia yang terpilih sebagai tuan rumah AIDHM dan Indonesia juga siap berkolaborasi dengan semua negara anggota ASEAN untuk operasionalisasi AIDHM yang berlokasi di UGM.