Kegiatan Sosialisasi Risiko Krisis Kesehatan dan Vaksinasi bersama DPR RI Di Kab. Banyuwangi

Monday, 20 September 2021

67

Pusat Krisis Kesehatan Menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Risiko Krisis Kesehatan dan Vaksinasi bersama Komisi IX DPR RI Di Kab. Banyuwangi

Banyuwangi, 19 September 2021. 

Dalam rangka percepatan penangganan dan penanggulangan pandemi COVID-19, Pusat Krisis Kesehatan bekerjasama dengan Komisi IX DPR RI menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pengurangan Resiko Krisis Kesehatan Dalam Pencegahan COVID-19 dan Vaksinasi COVID-19. Kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan sepak bola Desa Watukebo, Kecamatan Blimbingsari, Kabupaten Banyuwang. 

 

Dalam proses pelaksanaan kegiatan tersebut, Dr. Rita Djupuri, DCN, M.Epid selaku Koordinator Substansi Fasilitasi Penanggulangan Krisis Kesehatan Pusat Krisis Kesehatan bersama Nihayatul Wafiroh selaku Wakil Ketua Komisi IX DPR RI memberikan sambutan sekaligus membuka acara vaksinasi COVID-19 tersebut.

 

Dalam kegiatan tersebut disampaikan COVID-19 merupakan ancaman yang tidak terlihat oleh mata, dimana harus kita cegah dengan menerapkan protokol kesehatan 5M dan vaksinasi serta kita harus beradaptasi dengan kebiasaan baru. 

 

Dalam kegiatan tersebut masyarakat juga dihimbau untuk tidak memilih milih vaksin, dikarenakan semua vaksin yang ada saat ini merupakan vaksin yang terbaik. Dan masyarakat dihimbau untuk tidak boleh lengah dalam melaksanakan protokol kesehatan setelah melakukan vaksinasi. 

 

Tidak lupa dalam kegiatan tersebut juga disampaikan bencana dan krisis kesehatan lain yang mungkin terjadi dalam masa pandemi COVID-19, oleh karena itu masyarakat harus tetap siapsiaga dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana atau kejadian krisis kesehatan lainnya, dimana salah satunya dengan menyiapkan tas siaga bencana. 

 

Kegiatan vaksinasi tersebut menyasar 1000 orang dan 200 orang untuk kegiatan sosialisasi pengurangan krisis kesehatan. Pelaksanaan kegiatan tersebut terselenggara bersama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi, Puskesmas Badean maupun Pemerintah Desa Watukebo. Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan masyarakat mawas diri terhadap krisis kesehatan dan diharapkan pandemi COVID-19 segera berakhir.