Kepala Pusat Krisis Kesehatan Hadiri Pelatihan Simulasi Penanggulangan Bencana Bidang Kesehatan Fase Tanggap Darurat (Acute Response)

687

Kepala Pusat Krisis Kesehatan Hadiri Pelatihan Simulasi Penanggulangan Bencana Bidang Kesehatan Fase Tanggap Darurat (Acute Response)

Jakarta, 29 Januari 2023

 

Dalam rangka Dies Natalis ke-73 Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (ILUNI FK-UI) angkatan 98 bekerjasama dengan Medical Emergency Rescue Commitee (Mer-C) mengadakan kegiatan Pelatihan Simulasi Penanggulangan Bencana di Bidang Kesehatan Fase Tanggap Darurat (Acute Response), di Bumi Perkemahan Cibubur pada tanggal 28-29 Januari 2023.

 

Dalam kegiatan pelatihan tersebut dihadiri oleh Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementrian Kesehatan, wakil Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, direktur RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), ketua ILUNI FK-UI, serta ketua ILUNI FK-UI Angkatan 98, dalam kesempatan ini kepala Pusat Krisis Kesehatan memberikan sambutan, serta pengalungan selempang kepada para peserta pelatihan.

 

Dalam sambutannya, Kepala Pusat Krisis Kesehatan melakukan sosialisasi program tenaga cadangan kesehatan mulai dari penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan tenaga cadangan kesehatan, sampai pada fungsi dan tujuan dibentuknya tenaga cadangan kesehatan.

 

Dalam sambutannya, kepala Pusat Krisis Kesehatan menyampaikan pentingnya tenaga cadangan kesehatan dalam memberikan dukungan kepada daerah yang mengalami bencana dan memerlukan tenaga kesehatan tambahan dalam rangka menjaga pelayanan kesehatan di daerah terdampak agar tetap berjalan dengan baik. Kepala Pusat Krisis Kesehatan juga memaparkan keuntungan program tenaga cadangan kesehatan, yang mana pemerintah dan institusi/lembaga dapat melihat penyebaran tenaga cadangan kesehatan di seluruh Indonesia, hingga kebutuhan jenis tenaga cadangan kesehatan berdasarkan jenis bencana yang pernah terjadi di Indonesia.

 

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat ikut tergabung dalam tenaga cadangan kesehatan dalam rangka memperkuat ketahanan kesehatan sehingga penanganan krisis kesehatan dapat dilakukan dengan cepat, tepat, efektif dan efisien.