Kepala Pusat Krisis Kesehatan Hadiri Pembukaan Pelatihan BTCLS Kolaborasi antara Kemenkes dan POLRI

643

Kepala Pusat Krisis Kesehatan Hadiri Pembukaan Pelatihan BTCLS Kolaborasi antara Kemenkes dan POLRI

Jakarta, 06 Februari 2023

Kepala Pusat Krisis Kesehatan atas nama Menteri Kesehatan menyerahkan piagam penghargaan kepada Pusat Kedokteran dan Kesehatan Kepolisian Republik Indonesia (Pusdokkes POLRI) dan Korps Brigade Mobil (Brimob) POLRI, sebagai instansi pemerintah yang sangat berkomitmen untuk melakukan upaya kemanusiaan dalam respons darurat bencana Gempa Bumi di Kabupaten Cianjur Tahun 2022. Piagam tersebut diterima langsung oleh Kepala Pusat Kedokteran Kepolisian (Kapusdokkes) POLRI dan Kepala Korps Brimob POLRI. Pada saat yang bersamaan, POLRI menyerahkan plakat kepada Kepala Pusat Krisis Kesehatan.

Kegiatan pemberian penghargaan dirangkaikan dengan pembukaan pelatihan Basic trauma and Cardiac Life Support kolaborasi Kementerian Kesehatan RI, POLRI dan AGD 118 ditujukan bagi anggota Brimob dan perawat dari Bidokkes POLRI perwakilan  seluruh Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas SDM kesehatan sebagai bagian dari peran POLRI mendukung upaya penanggulangan krisis kesehatan, Sebanyak 80 peserta selama 4 hari akan mengkuti pelatihan yang dilaksanakan di Pusat Pelatihan Brimob Cikeas, dengan instruktur pelatihan dari Yayasan AGD 118, dibawah pimpinan Prof. dr. Aryono D. Pusponegoro, SpBD-KVB. Hadir pada acara pembukaan pelatihan diantaranya Plt Kepala Pusat Krisis Kesehatan, Yayasan AGD 118, Kapusdokkes POLRI,  Dankorbrimob POLRI, Kalemdiklat, Karumkit POLRI.

Dalam pelaksanaan pembukaan juga ditampilkan kesiapan Rumah Sakit Lapangan POLRI, serta ambulans gawat darurat. Acara dilanjutkan dengan kegiatan simulasi pertolongan medis korban gempa, yang dievakusi menggunakan helikopter menuju ke Rumah Sakit Lapangan POLRI.