Kunjungan Kerja Kapus Krisis Kesehatan dalam rangka Kesiapan Fasilitas Pelayanan Kesehatan saat Mudik Lebaran 1443 H di Kab. Cilacap

316

Kunjungan Kerja Kapus Krisis Kesehatan dalam rangka Kesiapan Fasilitas Pelayanan Kesehatan saat Mudik Lebaran 1443 H di Kab. Cilacap

Jakarta, 26 April 2022

 

Dalam rangka mendukung kesiapan pelaksanaan mudik lebaran tahun 1443 H / 2022 terutama pada upaya bidang kesehatan pada arus mudik dan balik lebaran, Kementerian Kesehatan menyiapkan 15.555 fasilitas pelayanan kesehatan di 34 provinsi yang terdiri dari 10.292 puskesmas, 279 Public Safety Center (PSC), 51 Kantor Kesehatan Pelabuhan, 1.805 Pos Kesehatan dan 3.128 Rumah Sakit.  Untuk memastikan kesiapan fasilitas pelayanan kesehatan tersebut, Kementerian Kesehatan telah memobilisasi Tim Pemantauan Pos Kesehatan.

 

Pusat Krisis Kesehatan menjadi salah satu Tim Pemantauan Pos Kesehatan dan telah mengirimkan 5 tim untuk meninjau kesiapan fasilitas pelayanan kesehatan. Kepala Pusat Krisis Kesehatan, Dr. dr. Eka Jusup Singka, M.Sc, memimpin salah satu tim pemantauan pos kesehatan dengan rute Jalur Cilacap. Pada hari selasa, 26 April 2022 Dr. dr. Eka Jusup Singka, M.Sc bersama dengan tim dari Pusat Krisis Kesehtan melakukan pemantauan ke Posko Penyeberangan Sleko dan Posko Terminal Cilacap dan langsung diterima oleh Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Cilacap. Adapun upaya yang dilakukan KKP Kelas II Cilacap yang berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kab. Cilacap salah satunya melakukan screening penumpang di terminal Pangandaran.

 

Mudik Tahun 2022 ini diharapkan dapat terlaksana dengan aman dan kasus COVID-19 dapat tetap dikendalikan sehingga tidak terjadi lonjakan yang menyebabkan krisis kesehatan. Selain itu, masyarakat diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan dan tetap menjaga kesehatan untuk bersama mendukung pencegahan penyebaran kasus COVID-19 pada masa mudik lebaran tahun ini.