Kunjungan Lapangan Persiapan TTX dan Simulasi Lapangan Dalam Rangka Pertemuan GPDRR Tahun 2022

195

Kunjungan Lapangan Persiapan TTx dan Simulasi Lapangan Dalam Rangka Pertemuan GPDRR Tahun 2022

Bali, 21 April 2022

Dalam rangka pelaksanaan 7th Global Platform Disaster for Risk Reduction (GPDRR) Tahun 2022 selain mendampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, Kepala Pusat Krisis Kesehatan Dr. dr. Eka Jusup Singka, M.Sc bersama dengan tim melakukan kunjungan lapangan untuk persiapan kegiatan Table Top Exercise (TTX) dan Simulasi Lapangan. Pada kunjungan ini Pusat Krisis Kesehatan melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan, BPBD Provinsi Bali, serta kunjugan lapangan ke lokasi Nusa Dua Convention Center sebagai tempt pelaksanaan lokasi

Selain itu, pelaksanaan kegiatan ini akan melibatkan stakeholder terkait, diantaranya unit-unit internal dilingkungan Kementerian Kesehatan RI, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Dinas Kesehatan Provinsi Bali, BPBD Provinsi Bali, KKP Kelas I Denpasar, Dinas Kesehatan Kabupaten Badung, BPBD Kabupaten Badung, International Tourism Development Corporation (ITDC), dan RS Universitas Udayana.

Skenario yang akan digunakan pada penyelenggaraan TTX dan simulasi lapangan sebelum penyelenggaraan 7th GPDRR Tahun 2022 adalah gempa bumi dan tsunami. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi dampak masalah kesehatan akibat bencana terhadap para delegasi dan seluruh peserta yang hadir; meningkatkan keterampilan, koordinasi, kesiapan dan kesiapsiagaan sumber daya manusia kesehatan dalam mengantisipasi terjadinya krisis kesehatan pada saat penyelenggaraan 7th GPDRR 2022; serta melatih Disaster Medical Teams (DMTs) untuk mengimplementasikan pedoman serta SOP DMTs yang telah disusun.