Kunjungan ke UGM dalam rangka Persiapan Operasionalisasi AIDHM

437

Kunjungan UGM dalam rangka Persiapan Operasionalisasi AIDHM

Yogyakarta, 03 Juni 2022

 

Menindakanjuti persiapan operasionalisasi ASEAN Institute for Disaster Health Management (AIDHM), peserta pertemuan melakukan kunjungan ke Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan Universitas Gadjah Mada (PKMK-UGM) yang akan menjadi Sekretariat AIDHM. Peserta disambut oleh perwakilan dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarkat dan Keperawatan (FK-KMK UGM), dr. Sudadi, wakil dekan bidang kerjasama, menyampaikan kesiapan  fasilitas UGM sebagai sekretariat, dan dukungan sarana dan prasarana. Kepala Pusat Krisis Kesehatan, Dr. dr. Eka Jusup Singka, M.Sc menyampaikan bahwa kolaborasi ini adalah sesuatu yang penting, oleh sebab itu kolaborasi ini merupakan sebuah permulaan agar manajemen kesehatan pada bencana bisa berjalan makin baik, karena banyak tantangan dalam pengelolaan bencana.

 

UGM memiliki potensi yang besar dalam bidang penelitian dan pengembanan manajemen bencana. Bagaimana kolaborasi dengan akademisi ini bisa meningkatkan upaya  preventif, kesiapan dan kesiapsiagaan bencana.

 

Disampaikan juga bahwa selain UGM, Pusat Krisis Kesehatan juga melibatkan Universitas Sam Ratulangi Manado, dan juga mendapat dukungan dari Digital Transformation Officer (DTO) untuk sistem komunikasi dan teknologi informasi. Dukungan dan kolaborasi dari semua diperlukan untuk memperkuat Disaster Health Management. Sambutan juga di sampaikan dr. Hendrowartatmo, Sp. B, yang menyampaikan  bagaiamana kerjasama yang baik selama ini antara PKMK-UGM dan Pusat Krisis Kesehatan, mengapresiasi penunjukan sebagai sekretariat AIDHM, dan berharap kerjasama ini memperkuat Disaster Health Management di Indonesia.