Mengenal Status Gunung Api

225

Mengenal Status Gunung Api

Sebagai salah satu negara yang dikelilingi oleh banyak gunung api, erupsi gunung api merupakan salah satu bencana yang sering terjadi di indonesia. Meski demikian, masih banyak korban jiwa dan korban luka yang berjatuhan akibat erupsi, sehingga penanaman pengetahuan mengenai apa yang harus dilakukan saat terjadi erupsi masih harus terus dilakukan.

Salah satu upaya untuk mengurangi jatuhnya korban, adalah dengan mengetahui dan memahami dengan baik berbagai informasi penting terkait status gunung api, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Normal: Aktivitas gunungapi, berdasarkan pengamatan hasil visual dan gejala vulkanik tidak memperlihatkan adanya kelainan.

  2. Waspada: Adanya peningkatan kegiatan berupa kelainan yang tampak secara visual atau hasil pemeriksaan kawah, kegempaan dan gejala vulkanik lainnya.

  3. Siaga: Terdapat peningkatan yang semakin nyata dari hasil pengamatan visual atau pemeriksaan kawah, kegempaan dan metode lain yang saling mendukung.

  4. Awas: Adanya tingkatan yang menunjukkan jelang letusan utama, letusan awal mulai terjadi berupa abu dan asap dan berdasarkan analisa data pengamatan.

Dengan mengetahui berbagai status gunung api di atas, diharapkan mampu memberikan waktu untuk masyarakat dalam melakukan persiapan mengungsi menuju jarak aman yang tidak terdampak letusan gunungapi.

Tetap dengarkan informasi dari pihak yang berwenang dan segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat yang tidak terdampak, apabila mengalami luka selama masa evakuasi.