Pekan Imunisasi Dunia : Pentingnya Imunisasi Bagi Anak

Jumat, 30 April 2021

59

Pekan Imunisasi Dunia : Pentingnya Imunisasi Bagi Anak

Pekan Imunisasi Dunia diprakarsai WHO sejak tahun 2012 dan telah dilaksanakan di berbagai negara termasuk Indonesia. Pekan Imunisasi Dunia (PID) diperingati pada minggu ke 4 bulan April setiap tahunnya. Kegiatan ini telah dilaksanakan lebih dari 180 negara termasuk Indonesia.

Pada tahun ini, Pekan Imunisasi Dunia dilaksanakan pada tanggal 24-30 April 2021. Pemerintah Indonesia memanfaatkan momen ini dengan terus berupaya mengedukasi masyarakat, mengenai pentingnya vaksinasi untuk membentuk imun masyarakat.

Berdasarkan data WHO pada tahun 2019 terdapat 19,7 juta anak yang belum mendapatkan Imunisasi Dasar Lengkap bahkan masih ada yang tidak mendapatkan vaksin sama sekali. Saat ini masih banyak anak Indonesia yang belum mendapatkan imunisasi lengkap. Bahkan ada pula anak yang tidak pernah mendapatkan imunisasi sama sekali sejak lahir.

Pemberian imunisasi pada anak-anak sangat penting bagi kesehatannya, karena imunisasi memiliki banyak manfaat diantaranya membantu mencegah infeksi dan penularan penyakit berbahaya.

Sejak program imunisasi dijalankan, sejumlah penyakit yang dulunya mematikan atau membuat kelumpuhan, menjadi sangat jarang, bahkan punah. Oleh karena itu, imunisasi sangat penting bagi manusia, khususnya pada anak-anak.

Berikut ini alasan mengapa imunisasi sangat penting bagi anak.

  1. WHO menyatakan 2-3 juta kematian dapat dicegah setiap tahunnya oleh imunisasi.
  2. Dapat mencegah lebih dari 26 penyakit.
  3. Dapat membantu membatasi/mengurangi terjadinya resistensi antibiotik karena dapat mencegah penyakit pada tahap awal.

Selain itu, PID juga dapat dijadikan momen untuk mendorong dan memperluas cakupan vaksinasi Covid-19 sebagai bentuk pencegahan penularan Covid-19. Tetap disiplin menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak minimal 1 meter, membatasi mobilitas, dan menghindari keramaian agar Indonesia terbebas dari pandemi.

Referensi: https://covid19.go.id/edukasi/masyarakat-umum/mengapa-imunisasi-untuk-anak-penting-pekan-imunisasi-dunia-24-30-april-2021