Pemerintah HImbau Agar Masyarakat Tidak Takut untuk Ikuti Vaksinasi

Jumat, 08 Januari 2021

6

Pemerintah HImbau Agar Masyarakat Tidak Takut untuk Ikuti Vaksinasi

Di tengah pandemi Covid-19, pemerintah memiliki tanggung jawab kepada masyarakat untuk memastikan keselamatan dan kesehatan dari paparan Covid-19. Berbagai cara mulai digagas oleh pemerintah seperti sosialisasi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M, Pembatasan kegiatan masyarakat, hingga melaksanakan vaksinasi secara nasional.

Dalam rangka membentuk kepercayaan masyarakat terhadap usaha pemerintah dalam mengendalikan Covid-19 melalui kebijakan vaksinasi, maka ada tiga kelompok prioritas yang akan terlebih dahulu menerima vaksin Covid-19 ini, yaitu diantaranya adalah kelompok pejabat publik pusat dan daerah, pengurus asosiasi profesi tenaga kesehatan dan pimpinan kunci institusi kesehatan di daerah dan kelompok, dan yang terakhir adalah tokoh agama di daerah.

Melalui pernyataannya Prof. Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan bahwa hal ini dilakukan agar mencerminkan komitmen pemerintah dalam menyediakan vaksin Covid-19 yang aman dan berkualitas bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dengan demikian,masyarakat diharapkan untuk tidak ragu untuk melaksanakan vaksinasi sebagai bentuk pembangunan daya tahan tubuh untuk melawan Covid-19.

Untuk selanjutnya, prioritas vaksinasi akan segera dilakukan kepada seluruh masyarakat terutama masyarakat yang menjadi kelompok rentan akan paparan seperti masyarakat yang telah memasuki lanjut usia. Dengan demikian apabila telah berjalan dengan baik, diharapkan kekebalan kelompok atau Herd Immunity ditengah masyarakat dapat segera terbentuk.

Sumber :

1. https://covid19.go.id/berita/pemerintah-ajak-masyarakat-tak-ragu-ikuti-vaksinasi