Pemetaan Sumberdaya Kesehatan yang siap Dimobilisasi saat terjadi Krisis Kesehatan

105

Pemetaan Sumberdaya Kesehatan yang siap Dimobilisasi saat terjadi Krisis Kesehatan

Jakarta, 29 Agustus 2022

 

Dalam rangka mendukung transformasi sistem kesehatan nasional terutama pada sistem Ketahanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan saat ini melakukan pemetaan sumberdaya kesehatan yang siap dimobilisasi saat terjadinya krisis kesehatan. Hal ini dilakukan melalui pertemuan yang dilakukan melalui daring bersama dengan Sekretaris Jenderal, Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan dan Digital Transformation Officer Kementerian Kesehatan.

 

Pemetaan sumberdaya kesehatan penting untuk dilakukan untuk mengetahui kapasitas sumberdaya kesehatan di setiap wilayah. Selain itu, hal ini juga merupakan salah satu strategi untuk mempercepat tenaga kesehatan yang berpotensi untuk dimobilisasi dalam merespons kejadian bencana maupun krisis kesehatan agar dapat meminimalisir peningkatan korban jiwa dan penyebaran penyakit pada saat bencana/krisis kesehatan.

 

Dalam melakukan pemetaan sumberdaya kesehatan yang siap dimobilisasi ada beberapa hal yang menjadi fokus dalam pertemuan ini diantaranya membedakaan kebutuhan sumberdaya berdasarkan skala bencana yang terjadi dan dampak yang ditimbulkan. Selain itu, pemetaan juga dilihat berdasarkan populasi penduduk yang terdampak akibat bencana yang terjadi.

 

Pertemuan ini diharapkan dapat memperkuat koordinasi antara lintas program dan lintas sektor terkait dengan dukungan sumberdaya kesehatan dalam merespons terjadinya bencana maupun krisis kesehatan.