Pendampingan Orientasi TCK-EMT Mobile Type 1 Regional Pusat Bantuan Penanggulangan Krisis Kesehatan

577

Pendampingan Orientasi TCK-EMT Mobile Type 1 Regional Pusat Bantuan Penanggulangan Krisis Kesehatan

Jakarta, 17 Mei 2023

Setelah dilantik oleh Menteri Kesehatan tanggal 15 Mei 2023, Tenaga Cadangan Kesehatan - Emergency Medical Team (TCK-EMT) Mobile Type 1 akan mulai bertugas di 11 Pusat Krisis Kesehatan Regional, untuk itu mulai tanggal 22-27 Mei 2023 Tim Pusat Krisis Kesehatan melakukan Pendampingan Orientasi untuk TCK-EMT ke 11 Dinas Kesehatan Provinsi dimana kantor regional itu berada yaitu dengan memperkenalkan anggota TCK-EMT, mennyampaikan tugas dan fungsinya serta memahami pelaksanaan kegiatan yang ada di Regional.

Selain melakukan pendampingan orientasi TCK-EMT, tim Pusat Krisis Kesehatan melakukan pemeriksaan pekerjaan renovasi dan pemeliharaan kantor, gudang logistik krisis kesehatan dan gedung transit regional.

Kegiatan ini merupakan tindaklanjut Pusat Krisis Kesehatan setelah dilantiknya Tenaga Cadangan Kesehatan - Emergency Medical Team (TCK-EMT) Mobile Type 1 Pada Regional Pusat Bantuan Penanggulangan Krisis Kesehatan, dimana Pusat Krisis Kesehatan merupakan unit kerja penanggungjawab Regional Pusat Bantuan Penanggulangan Krisis Kesehatan. Kegiatan ini juga merupakan upaya yang dilakukan Pusat Krisis Kesehatan untuk memperkuat penanggulangan krisis kesehatan pada masa pra bencana.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan kejadian krisis kesehatan dapat di respon cepat baik itu mobilisasi bantuan TCK-EMT maupun dukungan logistik krisis kesehatan yang memadai, sehingga tercapai nya ketahanan kesehatan di Indonesia.