Pendampingan Penyusunan Renkon Erupsi Gunung Slamet Jawa Tengah

175

Pendampingan Penyusunan Renkon Erupsi Gunung Slamet Jawa Tengah

Jakarta, 01 Juli 2022

Dalam rangka penguatan pengelolaan krisis kesehatan pada masa pra bencana, Pusat Krisis Kesehatan melalui Tim Kerja Pencegahan, Mitigasi dan Kesiapsiagaan melakukan pendampingan penyusunan rencana kontigensi (renkon) Erupsi Gunung Slamet di Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 29 Juni - 2 Juli 2022. Peserta kegiatan ini berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, BPBD Provinsi Jawa Tengah, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Semarang, RSUD Tugu Semarang, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Tengah, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Tengah, Kesehatan Komando Daerah Militer IV/Diponegoro, Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Jawa Tengah dan turut dihadiri Ketua Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Tengah beserta Wakil Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Agenda kegiatan ini meliputi penyampaian materi oleh Ketua Tim Kerja Pencegahan, Mitigasi dan Kesiapsiagaan Pusat Krisis Kesehatan Dr. Rita Djupuri DCN M.Epid, penyampaian draft rencana kontigensi erupsi Gunung Slamet oleh Ketua Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Tengah dan dilanjutkan dengan diskusi bersama.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat tersusunnya rencana kontigensi untuk dijadikan pedoman dalam mengelola krisis kesehatan akibat erupsi Gunung Slamet, sehingga penanggulangan krisis kesehatan dapat dilakukan dengan efektif, efisien dan lebih baik.