Peningkatan Kapasitas Petugas dalam Sistem Informasi Penanggulangan Krisis Kesehatan Batch IV

252

Pembukaan Pertemuan Peningkatan Kapasitas Petugas dalam Sistem Informasi Penanggulangan Krisis Kesehatan Batch IV

Kota Bogor, 20 September 2022

Dalam mendukung upaya pengelolaan program  krisis kesehatan yang lebih optimal, Pusat Krisis Kesehatan menyelenggarakan kegiatan peningkatan kapasitas petugas kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam pengelolaan Sistem  Informasi Penanggulangan Krisis Kesehatan. Kegiatan dibuka oleh Plt Kepala Pusat Krisis Kesehatan,  Dr. Sumarjaya, SKM, MM, MFP, C.F.A, Selasa 20 September  2022. Dalam arahannya menyampaikan
" Transformasi Kesehatan sangat penting untuk meningkatkan kapasitas petugas dalam menangani bencana dan krisis kesehatan, salah satu pilar transformasi kesehatan diantaranya SDM Kesehatan, diharapkan kapasitas petugas kesehatan memiliki sikap bekerja jujur, disiplin, good interpersonal skill, dan ikhlas. Karakter tersebut sangat penting dalam management pengelolaan data dan informasi bencana dan krisis kesehatan. Dengan sistem data yang sudah terbentuk dinas kesehatan memperkuat konsep serta pemetaan potensi tenaga cadangan sebagai langkah untuk memperkuat kesiapsiagaan dalam menghadapi masa tanggap darurat bencana ".

Kegiatan akan berlangsung hingga  Jum’at, 23 September 2022 di Kota Bogor, dengan peserta sebanyak 43 yang merupakan perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta narasumber dari BNPB dan Pusat Krisis Kesehatan. Dengan terselenggaranya kegiatan peningkatan kapasitas ini, diharapakan daerah mampu mengelola data dan informasi krisis disemua tahapan dan dapat memanfaatkan teknologi informasi agar penyampaian data dan informasi menjadi lebih cepat. Selain itu, data dan informasi yang dimiliki dapat menjadi dasar dalam pengambilan kebijakan, program, kegiatan untuk pengurangan risiko krisis kesehatan, dan respons yang lebih baik.