Peningkatan Kapasitas Petugas Kesehatan Dalam Kaji Cepat Masalah Kesehatan/Rapid Health Assessment (RHA)

152

Peningkatan Kapasitas Petugas Kesehatan Dalam Kaji Cepat Masalah Kesehatan/Rapid Health Assessment (RHA)

Kota Bogor 09-12 Agustus 2022

Dalam rangka meningkatkan Pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan Rapid Health Assessment (RHA), Pusat Krisis Kesehatan menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Petugas Kesehatan dalam Melakukan Kaji Cepat Masalah Kesehatan/Rapid Health Assessment pada tanggal 9-12 Agustus 2022 di Kota Bogor, Jawa Barat.

Pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan Rapid Health Assessment (RHA) sangat penting untuk dimiliki oleh petugas kesehatan di Provinsi dan Kabupaten/Kota, karena merekalah yang paling dekat dengan lokasi bencana/krisis kesehatan dan yang paling cepat dapat melakukan RHA.

Kegiatan ini telah dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Krisis Kesehatan pada hari Selasa 9 Agustus 2022. Peserta yang diundang adalah penanggung jawab atau pengelola program penanggulangan krisis kesehatan di 17 Dinas Kesehatan Provinsi dan 60 Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.

Pada kegiatan ini akan disampaikan materi umum berkaitan dengan Kebijakan Pengelolaan Krisis Kesehatan dan materi teknis berkaitan dengan RHA serta akan dilakukan praktek dan simulasi RHA. Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan peserta dapat meneruskan ilmu dan keterampilan yang didapat kepada petugas kesehatan lainnya di Dinas Kesehatan dan di Puskesmas serta menginisiasi pengembangan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan pengelolaan krisis kesehatan, khususnya yang berkaitan dengan RHA.