Penyusunan Modul Peningkatan Kapasitas Petugas dalam Penanggulangan Krisis Kesehatan

198

Penyusunan Modul Peningkatan Kapasitas Petugas dalam Penanggulangan Krisis Kesehatan

Penyusunan Modul Peningkatan Petugas dalam Penanggulangan Krisis Kesehatan

 

Jakarta, 11 Oktober 2022

 

Dalam rangka mendukung terlaksananya transformasi kesehatan terutama pada Sistem Ketahanan Kesehatan, Pusat Krisis Kesehatan menyelenggarakan pertemuan penyusunan modul peningkatan kapasitas petugas dalam penanggulangan krisis kesehatan pada tanggal 10-11 Oktober 2022. Modul ini merupakan salah satu pendukung untuk mendukung program tenaga cadangan kesehatan.

 

Pada pertemuan ini Plt. Kepala Pusat Krisis Kesehatan, Dr. Sumarjaya, SKM, MM, MFP, C.F.A., hadir dan memberikan arahan, serta membuka pertemuan penyusunan modul peningkatan kapasitas petugas penanggulangan krisis kesehatan. Pertemuan ini dihadiri oleh lintas program di lingkungan Kementerian Kesehatan diantaranya Dit. Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Dit. Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak, Dit Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia, Dit. Surveilans dan Karantina Keshatan, Dit. Penyehatan Lingkungan, Dit. Pelayanan Kesehatan Rujukan, Dit. Pengelolaan dan Pelayanan Kefarmasian, Dit. Peningkatan Mutu Tenaga Kesehatan, Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik, serta tim kerja di lingkungan Pusat Krisis Kesehatan. Selain lintas program, lintas sektor yang turut berpartisipasi diantaranya Pusat Kedokteran dan Kesehatan POLRI, Palang Merah Indonesia (PMI), dan United Nations Fund for Population Activities (UNFPA) Indonesia.

 

Modul yang akan disusun diharapkan dapat meningkatakan kapasitas petugas yang terlibat dalam penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana dan mendukung terciptanya Tenaga Cadangan Kesehatan yang berkompeten serta dapat merespon kejadian krisis kesehatan lebih cepat untuk meminimalisisr dampak kesehatan yang terjadi.