Perkuat Health Security dan Health Resilience, Puskris selenggarakan FGD Sinergisitas Disaster Medical Teams

321

Perkuat Health Security dan Health Resilience, Puskris selenggarakan FGD Sinergisitas Disaster Medical Teams

Jakarta, 14 Januari 2022

Dalam rangka mendukung program transformasi kesehatan sebagai wujud health security dan health resilience Pusat Krisis Kesehatan mengadakan kegiatan Fokus Group Discussion (FGD) Sinergisitas Disaster Medical Teams (DMTs) Dalam Pengelolaan Krisis Kesehatan pada tanggal 12 - 14 Januari 2022 untuk meningkatkan ketahanan dan respon DMTs terutama pada pengelolaan krisis kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring dan dihadiri oleh WHO, PMI dan Organisasi Profesi/LSM yang tergabung di dalam DMTs.

Pada kegiatan ini dibentuk 5 (lima) kelompok kerja (pokja) yang memiliki tugas menyusun program kerja tahun 2022 sesuai dengan peran masing-masing pokja sekaligus melaksanakannya yaitu :
1. Pokja Pelatihan dan SOP
2. Pokja TTX dan Simulasi
3. Pokja Seminar dan Expo
4. Pokja Data dan Informasi
5. Pokja Preventif, Promotif dan Pemberdayaan Masyarakat

Dimana pada setiap pokja memiliki koordinator yang memiliki kompetensi dibidang masing-masing.

Kepala Pusat Krisis Kesehatan Dr. dr. Eka Jusup Singka, M.Sc membuka kegiatan ini dan memberikan sambutan serta dilanjutkan dengan diskusi internal pokja. Setelah diskusi dilakukan, masing-masing pokja memberikan pemaparan hasil diskusi internal serta diskusi bersama antar pokja.

Kegiatan ini diharapkan dapat mempererat kerjasama antar DMTs serta memperkuat dan mengembangkan DMTs dalam melakukan pengelolaan krisis kesehatan sehingga terwujudnya health security dan health resilience yang kuat.