Perkuat Pengelolaan Krisis Kesehatan, Dinkes Gorontalo Kunjungi Pusat Krisis Kesehatan

166

Perkuat Pengelolaan Krisis Kesehatan, Dinkes Gorontalo Kunjungi Pusat Krisis Kesehatan

Jakarta, 15 Agustus 2022


Dalam rangka memperkuat pengelolaan Krisis kesehatan di Provinsi Gorontalo, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melakukan kunjungan kerja ke Pusat Krisis Kesehatan. Tim Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo yang terdiri dari Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan Kepala Sesi Pelayanan Kesehatan disambut baik oleh Dr. dr. Eka Jusup Singka, M.Sc Kepala Pusat Krisis Kesehatan dan Tim di kantor Pusat Krisis Kesehatan, Kementerian Kesehatan pada 15 Agustus 2022.

Pada kunjungan ini, Tim Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo berkonsultasi dengan Kepala Pusat Krisis Kesehatan terkait Pengelolaan Krisis kesehatan di daerah, Perencanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Dekonsentrasi terkait pembentukan DMT.

Dalam kunjungan ini, Kepala Pusat Krisis Kesehatan menyampaikan bahwa perlunya dibentuk Tim Manajemen Krisis Kesehatan untuk memastikan masyarakat tetap dapat menerima pelayanan kesehatan pada saat terjadi krisis kesehatan, dimana untuk SPM denominatornya merupakan penduduk terdampak.

Rencana tindaklanjut dari kunjungan ini yaitu akan diadakannya kegiatan pelatihan PSC 119 sehubungan dengan sedang dibentuknya PSC 119 di 2 Kabupaten pada Provinsi Gorontalo. Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo berharap Pusat Krisis Kesehatan dapat memberikan pelatihan dan sumberdaya narasumber terkait pelatihan PSC 119 tersebut.