Pertemuan Koordinasi Penyusunan Draf Pedoman Pusat Kedaruratan Kesehatan Nasional

119

Pertemuan Koordinasi Penyusunan Draf Pedoman Pusat Kedaruratan Kesehatan Nasional

Bogor, 18 Agustus 2022

 

Dalam rangka mendukung terselenggaranya pengelolaan krisis kesehatan dan meningkatkan sistem komando dan koordinasi dalam penanganan kejadian krisis kesehatan di tingkat nasional dan daerah, Pusat Krisis Kesehatan melalui program Kemitraan Australia dan Indonesia melaksanakan kegiatan penyusunan Pedoman Pusat Darurat Krisis Kesehatan/Health Emergency Operational Center (HEOC) pada tanggal 18-19 Agustus 2022 di Bogor.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh tim perumus dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan lintas program di lingkungan Kementerian Kesehatan diantaranya Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM), Surveilans dan Karantina Kesehatan, Pelayanan Kesehatan Rujukan, Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik, serta tim Australia-Indonesia Health Security Partnetship (AIHSP). Adapun pembahas dalam kegiatan ini dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dan Universitas Indonesia mewakili dari akademisi. Tim kerja di lingkungan Pusat Krisis Kesehatan yang terlibat dalam penyusunan pedoman ini diantaranya Ketua Tim Kerja Ketahanan Kesehatan; Ketua Tim Kerja Pengelolaan Data dan Informasi, Pemantauan Krisis Kesehatan; Ketua Tim Kerja Evaluasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi; Ketua Tim Kerja Pencegahan, Mitigasi dan Kesiapsiagaan; Ketua Tim Kerja Tanggap Darurat dan Tim Kegawatdaruratan Medis.

 

Pertemuan ini diharapkan dapat memperkuat pedoman yang disusun dan memberikan manfaat bagi semua pihak terkait dalam mendukung penanganan krisis kesehatan dalam memperkuat Sistem Ketahanan Kesehatan.