Pertemuan Koordinasi Pusat Krisis Kesehatan dan Satgas Bencana PABI for Semeru Mount

177

Pertemuan Koordinasi Pusat Krisis Kesehatan dan Satgas Bencana PABI for Semeru Mount

Jakarta, 05 Desember 2021

Salam sehat sobatkriskes
Dalam rangka melakukan respon cepat krisis kesehatan akibat bencana erupsi Gunung Semeru. Minggu (05/12) pagi, Pusat Krisis Kesehatan melakukan koordinasi dengan Satgas Bencana Persatuan Dokter Spesialis Bedah Umum Indonesia (PABI) secara daring. Kegiatan tersebut dihadiri Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Pusat Krisis Kesehatan, BNPB, Kesdam dan Satgas Bencana PABI di Pusat maupun di lokasi terdampak. Kegiatan koordinasi ini diselenggarakan untuk mengetahui situasi saat ini, kebutuhan logistik kesehatan yang diperlukan, penanganan korban luka berat maupun ringan serta kondisi pelayanan kesehatan di lokasi terdampak.

Dalam kegiatan koordinasi tersebut, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa Dasa Nugraha, S.E.,M.A.,Ph.D mengapresiasi gerakan respon cepat dalam penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana erupsi Gunung Semeru yang telah dilakukan oleh Pusat Krisis Kesehatan dan PABI serta sektor kesehatan lainnya. Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan juga menyampaikan jika ada kebutuhan koordinasi dan arahan cepat dari pimpinan dapat disampaikan melalui Kepala Pusat Krisis Kesehatan, sehingga masyarakat dapat merasakan kehadiran bidang kesehatan dan dapat diberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat di wilayah terdampak.

Dalam kegiatan tersebut disampaikan juga oleh Kepala Pusat Krisis Kesehatan Dr. dr. Eka Jusup Singka, M.Sc bahwa apabila terdapat logistik kesehatan yang diperlukan untuk pelayanan kesehatan dilokasi terdampak dapat disampaikan kepada Pusat Krisis Kesehatan untuk dilakukan tindaklanjut.