Puskris Perkuat Kapasitas Nakes Kab. Tojo Una Una Dalam Pengelolaan Sistem Informasi Krisis Kesehatan

164

Puskris Perkuat Kapasitas Nakes Kab. Tojo Una Una Dalam Pengelolaan Sistem Informasi Krisis Kesehatan

Tojo Una Una, 08 September 2022

Dalam rangka meningkatkan kapasitas tenaga kesehatan dalam pengelolaan krisis kesehatan, khususnya Sistem Informasi Penanggulangan Krisis Kesehatan (SIPKK). Pusat Krisis Kesehatan mengirimkan Ketua Tim Kerja pengelolaan Data dan Informasi, Pemantauan Krisis Kesehatan drg. A. Hadijah Pandita, M.Kes dan tim untuk menjadi narasumber dalam Pertemuan Peningkatan Kapasitas Pengelola Sistem Informasi Krisis Kesehatan di Kabupaten Tojo Una Una. Pertemuan tersebut dilaksanakan secara luring di Hotel Ananda Kabupaten Tojo Una Una pada 06 - 09 September 2022 dengan peserta yang berasal dari Dinas Kesehatan, Rumah Sakit dan Puskesmas yang berada di wilayah Kabupaten Tojo Una Una.

Sebagai pengatar dalam pertemuan ini, drg. A. Hadijah Pandita, M.Kes menyampaikan bahwa pengelolaan bencana merupakan tanggungjawab bersama antar lintas sektor.

"Pengelolaan bencana bukan hanya tanggung jawab Dinas Kesehatan, Puskesmas maupun Rumah Sakit saja, melainkan menjadi urusan bersama antar lintas sektor, atau yang biasanya kita sebut dengan kolaborasi pentahelix" ucap drg. A. Hadijah Pandita, M.Kes.

Dalam pertemuan ini, Tim Pusat Krisis Kesehatan menyampaikan 3 materi inti:
1. Kebijakan dan Strategis Pengelolaan Krisis Kesehatan akibat Bencana;
2. Manajemen Data dan Informasi Dalam Pengelolaan Krisis Kesehatan;
3. Kajian Risiko Krisis Kesehatan;
serta melakukan simulasi entri data pelaporan kejadian bencana melalui Sistem Informasi Penanggulangan Krisis Kesehatan (SIPKK).

Dengan adanya pertemuan ini, diharapkan dapat terlaksananya pengelolaan krisis kesehatan yang lebih baik di Kabupaten Tojo Una Una dan respon yang cepat, efektif dan efisien dalam penanganan kejadian krisis kesehatan.