Rapat Koordinasi Indonesia sebagai Host AIDHM (ASEAN Institute on Disaster Health Management)

370

Rapat Koordinasi Indonesia sebagai Host AIDHM (ASEAN Institute on Disaster Health Management)

Jakarta, 25 April 2022

 

Menindak lanjuti penunjukan Indonesia sebagai  tuan rumah AIDHM (ASEAN Institute on Disaster Health Management) pada pertemuan 3rd RCC-DHM (Regional Coordination Committee on Disaster Health Management) pada tanggal 7 April 2022 yang lalu, Pusat Krisis Kesehatan melaksanakan pertemuan koordinasi dengan PKMK UGM (Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat Universitas Gadjah Mada) yang menjadi mitra dalam penyelenggaraan AIDHM. Kantor PKMK UGM juga direncanakan akan menjadi lokasi sekretariat AIDHM.

 

Pertemuan dilaksanakan selama dua hari, yaitu tanggal 25-26 April 2022 dengan tujuan untuk membahas persiapan-persiapan pendirian AIDHM serta rencana program kegiatan. Pertemuan dibuka oleh Kepala Pusat Krisis Kesehatan dan dihadiri oleh Direktur PKMK UGM serta tim dari UGM dan Pusat Krisis Kesehatan.

 

Dalam pertemuan dua hari tersebut  dipaparkan dan dibahas terkait mandat dan fungsi pembetukan AIDHM, organisasi terkait di ASEAN, program kegiatan yang harus dilaksanakan, target, dan output yang diharapkan dapat dicapai dalam 3 tahun, serta kesiapan sarana prasana dan program oleh tim PKMK UGM. Dihari kedua dibahas detail proposal kegiatan yang akan dilaksanakan serta pembiayaan yang dibutuhkan.

 

Penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah AIDHM merupakan momentum yang sangat baik untuk peningkatan kapasitas pengelolaan bencana kesehatan di dalam dan luar negeri serta membangun jejaring dan membagi pengalaman Indonesia  dalam pengelolaan bencana kesehatan (Disaster Health Management).