Rapid Health Assessment (RHA) Banjir Kab. Sintang, 17 - 18 November 2021

Friday, 19 November 2021

120

Rapid Health Assessment (RHA) Banjir Kab. Sintang

Jakarta. 19 November 2021

Salam sehat #sobatkriskes

Tim Rapid Health Assessment (RHA) Pusat Krisis Kesehatan (Puskris) yang dipimpin oleh Sub Koordinator Sub-Substansi Fasilitasi Tanggap Darurat dr. Rakhmad Ramadhanjaya bersama Kabid Yankes Prov Kalbar dan Kasi Yankes Rujukan Dinkes Kab. Sintang telah berkunjung pada pos pengungsian SDN 18 dan pos kesehatan Simpang Lima, Kel. Ladang, Kec. Sintang serta Dapur umum yang dikelola secara mandiri oleh warga di Gang Surau Kel. Tanjung Puri, Kec. Sintang, Rabu (17/11/2021). Tim Puskris juga telah bertemu dan berkoordinasi dengan Kadinkes, Kabid P2P, Kabid SDK dan Kabid Kesmas Dinkes Sintang terkait manajemen pengelolaan tanggap darurat krisis kesehatan. Tim memberikan masukan terkait pengelolaan tanggap darurat kepada para pimpinan maupun staf pelaksana baik yang ditemui di kantor dinkes maupun di lapangan.

Sehubungan dengan hasil koordinasi dengan Pusat Krisis, Dinkes Kab Sintang bersama dengan Puskesmas dan relawan kesehatan telah melakukan berbagai upaya penanganan korban terdampak bencana banjir yang terdiri dari upaya pelayanan kesehatan dan upaya lainnya dalam rangka pengelolaan tanggap darurat krisis kesehatan, diantaranya dibentuk satgas dan penetapan sekretariat satgas penanganan krisis kesehatan akibat banjir.

Kondisi saat ini, telah banyak relawan yang membantu korban terdampak banjir di Kabupaten Sintang, terutama relawan dari organisasi masyarakat/lembaga kemanusian yang ada di Indonesia, seperti MDMC, BAZNAS, PATELKI, IBI, dll