Serah Terima Pelayanan Medis Indonesia, Dubes RI: Pulang untuk Kembali

246

Serah Terima Pelayanan Medis Indonesia, Dubes RI: Pulang untuk Kembali

Serah Terima Pelayanan Medis Indonesia, Dubes RI: Pulang untuk Kembali

HASSA – Seremoni serah terima pelayanan media Indonesia kepada otoritas setempat berlangsung di Ard?çl?, Kota Hassa, Provinsi Hatay, Senin (27/2). Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia Lalu Muhammad Iqbal menyerahkan operasional kesehatan kepada otoritas Turkiye.

Dubes Iqbal menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Turkiye atas penerimaan Emergency Medical Team (EMT) Indonesia selama memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat setempat. Iqbal juga menyampaikan, seluruh pihak dari Indonesia sangat Bahagia karena dapat berada di tengah masyarakat Turkiye yang sedang mengalami bencana.

“Kami sangat bahagia, sangat senang, karena kami bisa berada dengan saudara-saudara kami bangsa Turki yang saat ini sedang mengalami bencana,” ujar Iqbal.

Namun demikian, dengan selesainya pelayanan medis, ini bukan berarti dukungan Indonesia berakhir. Ungkapan ini disampaikan Dubes Iqbal untuk masyarakat Turkiye pada fase pascabencana.

“Kami pulang untuk kembali,” imbuhnya.

Di sisi lain, Deputi Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Turkiye Arif Cetin menyampaikan Indonesia dan Turkiye memiliki sejarah persahabatan yang panjang. Kedua negara saling membantu, seperti yang ditunjukkan Indonesia dalam memberikan pelayanan kesehatan di Hassa.

“Terima kasih kepada Indonesia dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat kami,” ujar Cetin.

Sejak berlangsung pada 15 hingga 26 Februari 2023 lalu, Rumah Sakit Lapangan Indonesia yang dioperasikan EMT Indonesia mencatat total 2.953 kunjungan. Sedangkan total pasien pada Minggu (26/2) berjumlah 444 orang.

Pada Minggu kemarin, dr. Eko Medistianto menyampaikan sebanyak 99 pasien mendapatkan layanan kebidanan dan kandungan, sedangkan 70 warga mendapatkan layanan kegawatdaruratan.

“99 pasien mendapatkan layanan kesehatan gigi dan 33 pasien mendapatkan layanan radiologi,” tambah dr. Eko sebagai Koordinator EMT Indonesia.

Selain itu, sebanyak 560 anak-anak telah mendapatkan layanan dukungan kesehatan jiwa dan psikososial.

Sementara itu, Ketua Tim Bantuan Kemanusiaan Indonesia Bambang Surya Putra menyampaikan terima kasih atas dukungan seluruh personel EMT sebagai bagian dari bantuan kemanusiaan Indonesia. Bambang juga mengatakan, di setiap kejadian bencana atau katastrofe Indonesia selalu ingin mengambil tempat sebagai bagian dari warga dunia untuk membantu sesamanya.

“Dalam melaksanakan bantuan kemanusiaan itu, Pemerintah tidak akan melakukannya sendiri. Kita ingin bersama stakeholder kita, NGO, masyarakat dan dunia usaha untuk bersama-sama dalam penanganan bencana,” tambah Bambang secara terpisah.

Hadir pada acara serah terima perwakilan lain Pemerintah Turkiye dari Dinas Sosial Hassa, pihak keamanan Jandarma dan Pemerintah Desa Ard?çl? serta personel EMT Indonesia.

Sumber: BNPB