Table Top Exercise (TTX) Penanggulangan Krisis Kesehatan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami dalam rangka Pertemuan GPDRR Ke-7

731

Table Top Exercise (TTX) Penanggulangan Krisis Kesehatan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami dalam rangka Pertemuan GPDRR Ke-7

Bali, 17 Mei 2022

Dalam rangka Pertemuan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7, Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan menyelenggarakan Table Top Exercise (TTX) Penanggulangan Krisis Kesehatan yang dilaksanakan pada hari Selasa  17 Mei 2022 di Hotel Paragon Seminyak Bali.

Tujuan pelaksanaan TTX ini adalah untuk

  1. Mengurangi dampak masalah kesehatan akibat bencana terhadap delegasi dan peserta yang hadir di 7th GPDRR.
  2. Meningkatkan ketrampilan, koordinasi, dan kesiapan sumber daya manusia kesehatan dalam mengantisipasi terjadinya krisis kesehatan pada penyelenggaraan 7th GPDRR.
  3. Melatih para DMTs (Disaster Medical Teams) untuk mengimplementasikan pedoman atau SOP DMTs pada event 7th GPDRR  (SOP registrasi in & out, SOP rekam medis,  SOP transportasi & rujukan, SOP pelaporan, SOP koordinasi DMTs,  SOP RHA).

Skenario kejadian bencana yang digunakan dalam TTX ini adalah Gempa Bumi berkekuatan M 8,5 yang diikuti olehTsunami.

TTX melibatkan peserta dari 14 unit SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali, antara lain Pemerintah Provinsi Bali, BPBD, Dinas Kesehatan Provinsi Bali dan Dinas Kesehatan Kab. Badung, RSUD Bali Mandara, RSUD Kab. Badung, RSU Bali Jimbaran, unsur pemerintah pusat juga terlibat, antara lain Badan SAR Daerah Provinsi Bali, RSUP Sanglah, KKP Kelas I Denpasar dan Kesdam IX/Udayana.  

TTX ini meningkatkan kapasitas Pemerintah Provinsi Bali, khususnya bagi unit-unit SKPD yang bertugas/terkait dengan penanganan krisis kesehatan akibat bencana khususnya dalam menantisipasi kejadian bencana/krisis kesehatan pada saat pertemuan GPDRR ke-7 yang akan berlangsung tanggal 25 – 27 Mei 2022 di Nusa Dua, Bali.