Tetap Siaga Bencana Saat Pandemi Dengan PREDIKT

Share
By Webmaster May, 20 2020 Info Penting
Tetap Siaga Bencana Saat Pandemi Dengan PREDIKT

Pandemi COVID-19 yang menyebar luas ke ratusan negera pada kuartal awal tahun 2020 memang banyak membuat orang panik. Segala persiapan dari sisi kesehatan dilakukan orang tanpa menghiraukan fakta lain tentang negara kita. Yakni, Indonesia sebagai negara yang sering terdampak bencana alam.

Ya, banyak orang lupa bahwa sebenarnya bencana alam memakan lebih banyak korban selama ini daripada pandemi COVID-19. Namun kali ini, kita ditantang untuk selalu siaga bencana ketika kondisi kesehatan sedang sangat rentan tertular penyakit tersebut.

Lakukan Metode PREDIKT

Apa itu PREDIKT? PREDIKT adalah Preparedness for Disaster Kit. Artinya, kita disarankan untuk melakukan berbagai persiapaan siaga bencana seperti yang ada di bawah ini di rumah masing-masing :

1. Mempersiapkan disaster kit
Disaster kit adalah berbagai alat yang bisa persiapkan untuk menghadapi bencana. Ragam disaster kit yang perlu anda siapkan diantaranya adalah masker cadangan, hand sanitizer, alat mandi, dan perlengkapan siaga lainnya.

2. Sering mencari tahu tentang potensi bencana di lingkungan sekitar
Kota dimana anda tinggal, biasanya akan terdampak bencana jika sebelumnya pernah terjadi bencana di daerah tersebut. Jadi, anda perlu mencari tahu potensi bencana alam yang akan terjadi. Sehingga anda juga bisa mempersiapkan langkah darurat jika sewaktu-waktu bencana tersebut “kambuh”.

3. Melakukan planning evakuasi
Langkah penting untuk siaga bencana selanjutnya adalah mempersiapkan tempat evakuasi. Alangkah baiknya jika tempat tersebut berada pada radius yang agak jauh dari tempat kejadian dan aman. Anda bisa menghubungi saudara terlebih dahulu saat ini. Sehingga ketika terjadi bencana, anda bisa langsung move ke tempat evakuasi.

4. Selalu patuhi aturan social distancing
Bencana yang terjadi di suatu daerah dapat membuat banyak orang lupa bahwa kita sedang dalam protokol social distancing yang dianjurkan pemerintah. Untuk itu, sebisa mungkin jagalah jarak minimal 2 meter dengan orang lain walau pada saat genting sekalipun.

5. Selalu jaga kesehatan ketika di rumah
Melakukan berbagai persiapan terhadap bencana memang sangat disarankan, namun anda tidak boleh lupa menjaga kesehatan pribadi. Selalu gunakan masker jika keluar rumah, olahraga rutin, serta selalu cuci tangan menggunakan air dan sabun hingga bersih.

6. Pantau media sosial resmi pemerintah serta catat emergency number
Anda dapat mengikuti berbagai channel media sosial milik pemerintah setiap harinya dan jika perlu ikuti semua yang milik pemerintah daerah tempat tinggalmu. Kemudian emergency number atau nomor darurat 24 jam yang penting di saat pandemi COVID-19 seperti saat ini adalah 119 ext 9.

Berbagai langkah penting siaga bencana pada saat pandemi di atas perlu anda terapkan di rumah masing-masing. Selain itu, lakukan juga simulasi bencana secara pribadi dengan keluarga agar lebih mantap ketika memang terjadi hal yang tidak diinginkan.

Sumber

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait