Tim Pusat Krisis Kesehatan melaksanakan Rapid Health Assessment (RHA) Banjir Bandang Kab. Garut

233

Tim Pusat Krisis Kesehatan melaksanakan Rapid Health Assessment (RHA) Banjir Bandang Kab. Garut

Hujan dengan intensitas tinggi dan meluapnya sungai Citamiang mengakibatkan terjadinya banjir bandang di wilayah Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut pada hari Sabtu, 27 November 2021 pukul 14.00 WIB. Banjir berdampak pada beberapa desa yang menyebabkan 1.117 penduduk terdampak dan 320 orang mengungsi.

Dalam rangka merespon kejadian ini, Kementerian Kesehatan RI melalui Pusat Krisis Kesehatan memobilisasi Tim Rapid Health Assessment (RHA) ke lokasi terdampak yang dipimpin oleh Subkoordinator Sub-Substansi Fasilitasi Pemulihan awal. Tim RHA melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Garut terkait dengan respon pada saat tanggap darurat, melakukan pencegahan dalam mengantisipasi adanya penyakit yang muncul pasca terjadinya banjir bandang, dan memberikan pendampingan Dinas Kesehatan dalam memperkuat koordinasi lintas program.

Selain itu, Pusat Krisis Kesehatan juga memberikan dukungan dengan menyerahkan bantuan logistik kesehatan berupa 2.000 pcs masker bedah, 1.000 pcs masker kain, 50 botol hand sanitizer, 200 pasang sepatu boots, dan 20 pcs rompi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas daerah dalam menanggulangi banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Garut. Masyarakat diharapkan waspada terhadap potensi banjir dan mengantisipasi bencana mengingat perubahan cuaca yang saat ini terjadi.