Tips Aman Pasca Gempa Bumi

Wednesday, 29 September 2021

35

Tips Aman Pasca Gempa Bumi

Meskipun gempa bumi memiliki kekuatan guncangan yang cukup bervariatif dan tidak selalu menimbulkan kerusakan pada sebuah bangunan dan benda – benda sekitar, namun untuk tetap berada di kondisi yang aman sebaiknya perlu tetap waspada dengan hal – hal yang ada di sekitar kita. Hal tersebut dikarenakan kita tidak dapat mengetahui guncangan yang dihasilkan tersebut memiliki efek buruk terhadap bangunan dan benda benda yang tidak kita ketahui seperti listrik atau tidak memiliki efek sama sekali.

Perlunya kewaspadaan yang dilakukan pasca gempa bumi adalah untuk benar – benar memastikan bahwa tidak ada sesuatu yang akan terjadi pada bangunan atau benda – benda sekitar, yang nantinya akan berisiko untuk seseorang mengalami cedera atau bahkan kehilangan nyawa. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan pasca terjadinya gempa bumi :

  1. Jika berada di dalam bangunan, orang – orang diharapkan bisa keluar secara tertib berjalan keluar gedung. Dalam perjalanan untuk menuju luar bangunan atau tempat evakuasi, disarankan untuk tidak melalui lift ataupun tangga berjalan, gunakan tangga darurat.

  2. Bagi seseorang yang ada di rumah, atau bertugas untuk menjaga sebuah gedung, ada baiknya untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi sekitar, seperti listrik, gas, dan pipa air

  3. Untuk rumah atau bangunan yang terkena gempa yang cukup parah, disarankan untuk tidak dimasuki terlebih dahulu, atau bermain di sekitarnya untuk anak kecil, dikarenakan adanya potensi runtuhnya bangunan atau rumah tersebut.

  4. Mendengarkan informasi yang dikeluarkan oleh badan resmi untuk mengetahui ada atau tidaknya potensi gempa susulan.

Dengan memahami apa saja yang perlu dilakukan pasca gempa bumi terjadi, masyarakat diharapkan bisa memahami dan juga menjauhi larangan – larangan yang disampaikan. Selain hal tersebut bisa menyebabkan cedera, tapi bisa juga menyebabkan kematian. Jika mengalami cedera ringan maupun serius, segera hubungi pihak rumah sakit, untuk mendapatkan penanganan yang baik.

Sumber :

  1. https://www.bmkg.go.id/gempabumi/antisipasi-gempabumi.bmkg