Tips Siaga Untuk Menghadapi Tsunami

Sabtu, 18 Januari 2020

82

Tips Siaga Menghadapi Tsunami

Tsunami adalah perpindahan badan air dengan skala yang besar yang disebabkan oleh perubahan air yang tiba-tiba dengan gerakan yang vertikal di laut lepas. Tsunami merupakan bencana alam yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Perairan mana saja bisa diterjang oleh tsunami. Ada beragam penyebab terjadinya tsunami, misal karena adanya gempa bumi atau longsor di bawah laut hingga hantaman meteor yang jatuh ke laut. Beberapa kali tsunami pernah menerjang perairan Indonesia, seperti tsunami yang terjadi di Aceh, tsunami di Palu, dan tsunami di kawasan wisata Banten serta sebagian wilayah di Lampung. Berbagai bencana tsunami tersebut menelan banyak korban jiwa hingga bangunan-bangunan rusak.

Tsunami memiliki tanda awal sebelum terjadi, seperti setelah ada gempa bumi, air laut yang tiba-tiba surut, dan terjadi suara yang gemuruh. Adanya tanda awal tersebut bisa menjadi kesempatan untuk bersiaga dan menyelamatkan diri. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan ketika akan terjadi tsunami antara lain:

• Tidak panik, lari untuk menyelamatkan diri ke tempat yang lebih tinggi dan aman.
• Jika tidak terdapat dataran yang tinggi di sekitar, cari bangunan atau gedung yang mempunyai konstruksi kuat untuk berlindung.
• Menyelamatkan diri sebaiknya tidak menggunakan kendaraan terutama mobil karena akan menghambat untuk evakuasi.
• Cari benda yang dapat terapung jika Anda hanyut oleh gelombang tsunami.
• Tetap usahakan di tempat yang aman setelah bencana tsunami terjadi karena ada kemungkinan tsunami susulan terjadi.

Demikian pembahasan di artikel ini. Semoga bermanfaat!