Tips Siap Siaga terhadap Bencana di Masa Pandemi Covid-19

46

Tips Siap Siaga terhadap Bencana di Masa Pandemi Covid-19

Kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini sedang menghimpit dan menghantui banyak negara di dunia, termasuk Indonesia, tidak menandakan bahwa Covid-19 menjadi satu-satunya permasalahan di sebuah negara. Suatu bencana alam dan masalah kesehatan masih akan terus datang silih berganti dan mempengaruhi kehidupan masyarakat. Untuk itu, perhatian terhadap bencana alam dan masalah kesehatan masih harus diperlebar.

Di masa pandemi seperti saat ini, bencana alam menjadi hal yang sangat dikhawatirkan oleh semua masyarakat, hal ini dikarenakan dengan datangnya bencana alam, seluruh masyarakat harus keluar dari rumah dan berkerumun dalam sebuah tempat aman atau pengungsian. Untuk menghadapi permasalahan tersebut, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat digunakan untuk siap siaga terhadap bencana, diantaranya adalah ;

  1. Melengkapi perlengkapan siaga dengan masker cadangan, hand sanitizer, dan alat mandi

  2.  Kenali ancaman di sekitarmu

  3.  Rencanakan tempat evakuasi yang aman dan tetap jaga jarak

  4.  Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter

  5.  Gunakan masker bila keluar

  6.  Rutin cuci tangan pakai sabun dan air mengalir

  7.  Lakukan olahraga rutin

  8.  Pantau berita terkait ancaman bencana

  9.  Ikuti sosmed penting

  10.  Catat nomor telepon penting

  11.  Simulasi bencana di rumah

  12.  Mempelajari lagi rumahku siaga bencana

Dengan menerapkan poin-poin diatas, diharapkan masyarakat bisa lebih siap dalam menghadapi bencana selama pandemi Covid-19 berlangsung. Apabila terjadi cedera atau korban luka selama proses evakuasi berlangsung, segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan agar mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Sumber ;

1.  www.predikt.id