Urgensi Imunisasi Polio Bagi Anak

231

Urgensi Imunisasi Polio Bagi Anak

Setelah sebelumnya Indonesia telah dinyatakan bebas dari polio, kini diketahui bahwa polio telah kembali ditemukan di Aceh dan jawa Barat. Polio merupakan  penyakit menular yang disebabkan oleh virus polio. Virus ini menyerang sistem saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian.

Saat ini diketahui bahwa penyakit polio termasuk kedalam masalah kesehatan yang tidak memiliki pengobatan. Namun demikian, para orangtua diharapkan tidak perlu khawatir, mengingat upaya pencegahan dari polio dapat dilakukan dengan mengikuti vaksinasi polio.

Vaksinasi Polio

Berikut ini adalah 2 imunisasi yang diberikan kepada masyarakat dalam rangka upaya pencegahan penyebaran polio di tengah masyarakat, diantaranya adalah:

  1. Vaksin polio tetes (OPV) diberikan 4x, di usia 1, 2, 3, 4 bulan

  2. Vaksin polio suntik (IPV) diberikan 2x di usia 4 dan 9 bulan

Dengan mengetahui keterangan dan jenis vaksinasi polio yang diberikan diatas, diharapkan bisa dijadikan acuan dan motivasi kepada ayah dan bunda untuk bersama-sama menemani buah hati untuk bisa mendapatkan vaksinasi polio di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat khususnya bagi ayah bunda yang saat ini berada di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jawa Barat.

Lebih baik terlambat daripada tidak lengkap. Imunisasi polio lengkap dapat diberikan hingga usia 5 tahun.