Ancaman Kebakaran Hutan Masih Terus Mengintai

Share
By Staff PKK July, 28 2016 Info Penting
Ancaman Kebakaran Hutan Masih Terus Mengintai

Setiap tahun Indonesia terus di hadapkan dengan bencana Kebakaran hutan. Bencana Kabut asap dari kebakaran hutan memiliki dampak buruk, bukan hanya kesehatan namun juga menghanbat laju ekonomi karena banyak aktifitas masyarakat yang terganggu. Menanggapi hal tersebut, berbagai upaya pencegahan terus di lakukan guna meminimalisir kejadian kebakaran hutan. Namun nyatanya kebakaran hutan masih terus terjadi, hal tersebut karena masih banyak perusahaan yang melakukan pembakaran lahan gambut untuk perluasan area.

Salah satu yang menjadi penyebab kebakaran hutan juga karena cuaca yang panas tidak ada hujan, sehingga titik api terus semakin menyebar. Pada saat ini, ancaman kebakaran hutan masih terus mengintai, terutama di wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Potensi kemudahan terjadi kebakaran ditinjau dari analisa cuaca di Kalbar dan Kalteng sangat tinggi. Artinya mudah terbakar. Ironisnya pembukaan lahan dengan membakar masih marak dilakukan sehingga hotspot banyak ditemukan.

Melihat dari satelit modis dengan sensor Terra Aqua, setidaknya terdapat 80 hotspot di Kalimantan barat dan 66 Hotspot di kalimantan tengah yang terdeteksi. Dalam hotspot tersebut merupakan daerah daerah yang sebelumnya pernah di bakar dan menyumbang bencana kabut asap pada tahun 2015. Hingga saat ini Aksi pembakaran lahan masih terus di lakukan oleh beberapa pihak tidak bertanggung jawab.

Upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan terus dilakukan hingga saat ini. Sebanyak 2.492 personi gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, Damkar dan MPA melakukan pemadaman di darat di Kalbar. Sedangkan di Kalteng sebanyak 2.363 personil memadamkan di darat. Lokasi hotspot yang jauh dan banyak menyebabkan tidak semua lokasi kebakaran dapat dipadamkan dari udara. Sumber air juga jauh dengan lokasi kebakaran sehingga helikopter tidak mampu bermanuver banyak melakukan water bombing.

Daerah Sebaran Asap Kalimantan Barat

  • Kab Ketapang (daerah Hulu Sungai, Simpang Hulu),
  • Kab Melawi (daerah Tanah Pinoh, Belimbing),
  • Kab Sintang (daerah Sepauk, Ketunggau Tengah, Ketunggau Hulu, Kayan Hulu),
  • Kab Sekadau (daerah Sekadau Hulu, Belitang Hulu),
  • Kab Kapuas Hulu (daerah Silat Hulu),

Daerah sebaran Asap Kalimantan Tengah

  • Kab Kota Waringin Timur (daerah Antang Kalang),
  • Kab Lamandau (daerah Bulik Tim),
  • Kab Katingan (daerah Sanaman Mantikei, Marikit, Katingan Hulu).

 

http://www.bnpb.go.id/berita/3088/cuaca-kering-hotspot-kebakaran-banyak-terdeteksi-di-kalbar-dan-kalteng

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait