Apa Itu Gempa Bumi dan Jenisnya

Share
By Staff PKK November, 22 2016 Info Penting
Apa Itu Gempa Bumi dan Jenisnya

Gempa bumi merupakan suatu jenis kejadian bencana yang dapat menimbulkan kerusakan, kehilangan dan harta benda dan juga tentunya berpotensi menimbulkan masalah krisis kesehatan. Gempa bumi bisa dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu :

  1.        Gempa Vulkanik

Gempa vulkanik merupakan jenis gempa yang biasanya disebabkan karena letusan gunung api, gempa vulkanik bisa terjadi baik sebelum atau sesudah terjadinya erupsi gunung berapi, biasanya getarannya dapat dirasakan oleh manusia ataupun hewan hewan di sekitar gunung yang akan meletus. Dari penelitian sendiri gempa vulkanik merupakan gempa yang hanya terjadi 7% dari gempa gempa bumi yang terjadi di bumi.

  1.        Gempa Tektonik

Gempa tektonik adalah gempa yang disebabkan karena adanya pergeseran lempeng tektonik karena adanya arus konveksi yang terjadi di dalam bumi. Pergeseran ini akan menimbulkan pengumpulan energi stress yang sewaktu waktu bisa saja terlepas. Peristiwa pelepasan energi inilah yang biasanya disebut dengan gempa tektonik.

  1.        Gempa reruntuhan

Gempa runtuhan merupakan gempa yang terjadi karena adanya runtuhan dari tanah atau bebatuan. Biasanya daerah yang berpotensi tinggi akan terjadinya gempa reruntuhan ini adalah didaerah lereng gunung dimana terdapat tanah dan bebatuan yang terjal dan rawan terjadinya reruntuhan yang bisa menimbulkan getaran gempa.

  1.        Gempa Jatuhan

Planet bumi merupakan salah satu planet yang terdapat dalam tata surya kita. Bumi setiap saat memilik potensi akan hantaman benda langit, tetapi untungnya lapisan atmosfer melindungi bumi dari hantaman benda benda langit ini. Tetapi terkadang masih ada beberapa benda langit yang masih bisa lolos dari lapisan atmosfer ini sehingga saat terjatuh ke bumi bisa menimbulkan getaran gempa, maka gempa ini disebut dengan gempa jatuhan.

 

Dari keempat jenis gempa diatas, gempa tektonik merupakan jenis gempa yang paling sering terjadi dan biasanya menimbulkan kerusakan fisik bangunan hingga korban jiwa.

 

http://bbi.belajar.kemdikbud.go.id/index5.php?display=view&mod=script&cmd=Bahan%20Belajar/Pengetahuan%20Populer/view&id=49&uniq=343

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait