Apa yang Harus Dilakukan Setelah Terjadi Gempabumi

Share
By Webmaster August, 23 2020 Tips Siaga Bencana
Apa yang Harus Dilakukan Setelah Terjadi Gempabumi

Dalam penanganan bencana alam, kita tidak boleh hanya menyiapkan sebelum dan juga melakukan berbagai upaya penyelamatan diri saat terjadi bencana. Kita juga harus tahu apa yang dilakukan ketika suatau bencana alam telah terjadi dan sudah berhenti untuk waktu itu.

Di bawah ini akan kita bahas mengenai beberapa hal yang harus dilakukan saat setelah bencana alam yang berupa Gempabumi, di mana bencana ini paling sering terjadi di Indonesia dari mulai gempa yang kecil maupun yang besar dan merusak. Berikut penjelasannya secara lengkap:

  1. Lakukan Hal ini jika Anda masih Berada di Dalam Bangunan
    Pertama, jika Anda masih di dalam bangunan saat Gempabumi terjadi maka langsung keluar dari bangunan Anda dengan tertib satu-satu, tetap tenang namun juga tetap waspada. Jangan menggunakan eskalator atau lift saat setelah terjadi gempa, gunakan tangga darurat atau tangga biasa. Anda juga harus memeriksa apakah tubuh Anda terluka, lakuan P3K, dan telepon atau minta pertolongan jika terjadi luka parah pada Anda atau orang di sekitar Anda.
  2. Periksa Lingkungan Sekitar Anda
    Setelah terjadi Gempabumi. Anda harus memeriksa lingkungan sekitar Anda. Pastikan tidak ada kebocoran gas, adanya hubungan arus pendek listrik, kebakaran, periksa aliran dan pipa air, lakukan pencegahan dengan cara mematikan listrik dan juga jangan menyalakan api.
  3. Selalu Dengarkan Informasi yang Akurat
    Setelah Gempabumi terjadi jangan lupa untuk selalu mendengarkan informasi mengenai Gempabumi itu sendiri melalui radio jika sama sekali tidak ada jaringan internet setelahnya. Pastikan informasi tersebut akurat seperti dari pihak BMKG. Pastikan tidak ada gempa bumi susulan atau tsunami.
  4. Jangan terpancing dengan informasi yang belum jelas apalagi dari sumber yang tidak diketahui atau sumber yang tidak terpercaya. 

Intinya jangan panik akan tetapi tetap waspada, jika kondisi sudah kondusif pastikan tidak ada bahaya lain yang mengintai, dan dengarkan informasi yang aktual. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan!

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait