Atasi Bencana, Kota Tangguh Bencana Perlu Ditingkatkan

Share
By Staff PKK September, 06 2016 Info Penting
Atasi Bencana, Kota Tangguh Bencana Perlu Ditingkatkan

Semakin tingginya ancaman bencana yang melanda Indonesia tentu harus dengan cepat di waspadai. Potensi terjadinya bencana tidak bisa di prediksi, bencana bisa datang kapan saja. siaga bencana dan mitigasi bencana sejak dini perlu di tingkatkan untuk bisa mengurangi dampak dan resiko bencana yang terjadi sehingga kerusakan infrastruktur dan korban jiwa bisa di minimalisir. Seperti di ketahui, Dampak dari bencana yang terjadi cukup besar mulai dari kerusakan fasilitas, sarana prasarana dan korban jiwa. Tentu hal ini perlu antisipasi lebih lanjut untuk mengurangi dampak tersebut.

Salah satu wilayah yang rawan bencana di Indonesia Adalah Jawa Tengah, jawa Tengah termasuk daerah rawan bencana Banjir dan tanah longsor. Oleh sebab itu cegah bencana sejak dini perlu di berikan kepada masyarakat terutama sosialisasi bencana perlu dengan rutin di berikan kepada masyarakat. Terkait Hal tersebut, Jawa Tengah saat ini memeprsiapkan Kota Tangguh Bencana. salah satunya di Kab Cilacap. Bersama dengan BPBD cilacap akan segera membangun Kota Tangguh Benncana. Saat ini yang sudah berjalan adalah Sosialisasi kota tangguh bencana kepada masyarakat Cilacap. program ini akan dikembangkan dengan menggandeng seluruh SKPD dengan perwakilan sebanyak 30 orang, untuk menjadi mentor dan fasilitator untuk mensosialisasikan kesiapsiagaan bencana secara mandiri.

Cilacap sudah membentuk 20 Desa tangguh bencana di sejumlah wilayah. 20 desa tersebut adalah Desa Bunton, Gombolharjo dan Karanganyar Kecamatan Adipala, Desa Widarapayung Wetan, Sidaurip, dan Pagubugan Kulon Kecamatan Binangun, Desa Pahonjean, Mulyadadi, dan Ujung Barang Kecamatan Majenang, serta Desa Negara Jati Kecamatan Cimanggu. Pembentukan Desa tangguh bencana di wilayah tersebut karena, wilayah tersebut masuk kedalam zona tidak aman dan rawan bencana seperti tsunami, banjir, dan tanah longsor. Terlebih, saat ini pengurangan resiko bencana juga menjadi komitmen sejumlah kementrian dan sektoral, diantaranya Kementrian Kesehatan dengan program Desa Siaga, atau Kementrian Sosial dengan program siaga bencana.

 

 

http://cilacapkab.go.id/v2/?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=5273

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait