Hujan deras, Sulawesi Utara Terendam Banjir dan Ribuan Jiwa Mengungsi

Share
By Staff PKK January, 30 2017 Info Penting
Hujan deras, Sulawesi Utara Terendam Banjir dan Ribuan Jiwa Mengungsi

Sulawesi bagian utara diguyur hujan deras dengan durasi apa yang menyebabkan beberapa tempat terendam banjir, seperti di Kota Manado dan Kabupaten Gorontalo Utara. 20 kelurahan dan 7 kecamatan di Kota Manado terendam, yaitu Kecamatan Tumimping, Singkil, Paldua, Paal Dua, Bunaken Darat, Tikala, dan Wenang pada hari Kamis (26/1/2017).

Sungai Tondano yang meluap tidak dibarengi dengan baiknya drainase diduga menjadi biang keladi banjir kali ini. Selain banjir, longsor juga terjadi di beberapa tempat. Dilaporkan pula lebih dari 1.000 unit rumah dan 1.800 jiwa mengungsi di tempat ibadah, sanak saudara, serta ke tempat yang lebih aman.

Dari data yang dihimpun oleh Pusat Krisis Kesehatan, di Gorontalo Utara, terjadi banjir yang menyebabkan 3 kecamatan terendam yaitu kecamatan Sumalata, Tolinggula, dan Biau, yang membuat 265 jiwa penghuni kecamatan tersebut mengungsi ke tempat yang lebih aman. Lebih dari 800 hektar sawah dan 17 bangunan sekolah terendam banjir.

Bantuan seperti obat-obatan, pendirian pos pos kesehatan, serta logistik seperti makanan siap saji, selimut dan air minum terus disalurkan ke daerah yang terdampak banjir.  Pendataan juga terus dilakukan oleh dinas terkait untuk terus memantau dan melihat kebutuhan dan tindakan yang harus dilakukan untuk menanggulangi banjir kali ini.

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait