Kunjungan Menteri Kesehatan ke Lokasi Bencana Banjir Bandang Garut

Share
By Staff PKK September, 26 2016 Info Penting
Kunjungan Menteri Kesehatan ke Lokasi Bencana Banjir Bandang Garut

Pertengahan September 2016 menjadi sebuah duka bagi warga di beberapa wilayah sekitar aliran sungai Cimanuk, Garut, Jawa Barat. Banjir bandang menerjang daerah tersebut sehingga korban pun berjatuhan. Dari data Pusat Krisis Kesehatan per tanggal 25 September 2016 tercatat 33 orang meninggal dunia, 14 hilang, dan puluhan korban terluka serta ribuan orang diungsikan ke berbagai lokasi. Menteri Kesehatan langsung merespon cepat kejadian ini melalui Pusat Krisis Kesehatan yang mengkoordinasikan berbagai lintas program terkait, dengan mengirimkan dukungan  TIM RHA dan bantuan yang diperlukan diantaranya obat, logistik dan perbekalan kesehatan.

Pada Jum’at tanggal 23 September 2016, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek dan rombongan berkunjung ke lokasi bencana banjir bandang di Garut. Dalam kesempatan ini Menteri Kesehatan berdialog dengan pemerintah daerah dan  jajaran kesehatan didaerah,  terkait kerusakan fasilitas kesehatan, layanan kesehatan, permasalahan dan hambatan yang di hadapi. Pada kesempatan tsb  Menteri Kesehatan juga  memberikan bantuan berupa obat-obatan secara simbolis di Rumah Sakit, menjeguk korban yang tengah dirawat di RS Guntur, dan mengunjugi para pengungsi di lokasi pengungsian,

Kementerian Kesehatan berupaya semaksimal mungkin dalam upaya penanggulangan krisis kesehatan akibat banjir bandang,  diantaranya mengirimkan tim sejumlah 10 orang terdiri dari Pusat Krisis Kesehatan ,Dit. Pelayanan Kesehatan Primer, Dit. Fasilitas Layanan kesehatan,  dan  Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK), untuk memberikan dukungan dan memfasilitasi pemulihan layanan kesehatan secepat mungkin. Selasa 27 September 2016, akan dikirimkan tim untuk melakukan Penilaian Kerusakan, Kerugian dan Kebutuhan pasca bencana bidang kesehatan.

Menteri Kesehatan dan Rombongan saat mengunjungi Pasien yang dirawat di RS Guntur

 

Menteri Kesehatan dalam Kunjungan ke Lokasi Pengungsian Korem

 

Menteri Kesehatan Saat Memberikan Penjelasan Upaya Penanggulangan Krisis Kesehatan yang Telah Dilakukan

 

Pemberian Obat-obatan Secara Simbolis oleh Menteri Kesehatan ke Pihak Rumah Sakit

 

Peninjauan Terhadap Alat Alat Kesehatan yang Ikut Terdampak Banjir Bandang

 

Situasi di BKPM Pasca Banjir Bandang Menerjang

 

Pelayanan Kesehatan terhadap Pasien di BKPM Garut

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait