Mitigasi Bencana Angin Topan

Share
By Staff PKK September, 05 2016 Tips Siaga Bencana

Bencana Angin Topan merupakan salah satu bencna yang memiliki dampak buruk . angin topan yang terjadi akan menghancurkan apa saja yang ada didepannya. seperti angin topan Chaba yang menghancurkan Busan Korea dan sekitarnya. Dampak dan Kerugian yang ditimbulkan dari bencana ini sangat besar, seperti, kerusakan infrastruktur, kerusakan sarana prasarana, terganggunya jalur penerbangan, transportasi laut, merusak bangunan hingga menimbulkan korban jiwa. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah penanggulangan bencana.

Mitigasi Bencana angin topan sangat perlu untuk dilakukan hal ini mampu meminimalisir dampak dari bencana angin topan. perlu diketahui, Bencana angin topan dapat menimbulkan kerugian ekonomi yang cukup besar, kerusakan infrastruktur dan terhambatnya jalur transportasi akibat angin topan akan berdampak terhadap kerugian ekonomi. oleh sebab itu mengantisipasi dampak dan kerugian yang cukup besar sangat diperlukan mitigasi bencana angin topan.

Kesiapsiagaan Bencana Angin Topan

  • Untuk Masyarakat Yang berada didaerah yang rawan bencana angin topan seperti di pesisir, harus memiliki kewaspadaan dan kesiapsiagaan untuk meminimalisir dampak dan resiko saat angin topan terjadi. persiapan menghadapi badai dan angin topan diantaranya yaitu;
  • sudah menyadari resiko yang terjadi dan sudah merencanakan pengungsian. mengetahui risiko dan cara evakuasi yang cepat dan tepat adalah kunci dari tindakanpersiapan dan pencegahan ini
  • Lakukan Simulasi dengan menelusuri jalur jalur evakuasi agar bisa mempercepat dan mempermudah saat bencana ini terjadi.
  • Perkuat atap rumah atau bangunan, bisa dengan mengikat atap dengan Baik
  • Mengembangkan rencana tindakan berupa Kapan harus bersiap untuk menghadapi badai dan angin topan?, Apabila diperlukan, berapa lama dibutuhkan untuk mengungsi?, Apakah jalur pengungsian perlu diubah karena terlalu sulit?

Saat Terjadi Angin Topan

jika berada didalam rumah, tetap waspada dan jangan panik saat angin topan terjadi. bila ada anjuran untuk mengungsi, mengungsi dengan tenang dan hati hati. Apabila dianjurkan untuk tinggal di dalam rumah maka :

  • Semua persediaan sudah disiapkan
  • Jika diperlukan, tinggal di suatu ruangan yang paling aman di dalam rumah
  • Matikan semua sumber api, aliran listrik dan peralatan elektronik
  • Mendengarkan radio agar mengetahui informasi terkini

 

Sumber : http://blog.act.id/ketahui-mitigasi-angin-topan-untuk-meminimalisir-kerugian/

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait