Penyakit Pasca Banjir Bisa Berpeluang Menjadi KLB

Share
By Staff PKK July, 05 2016 Info Penting
Penyakit Pasca Banjir Bisa Berpeluang Menjadi KLB

Bencana banjir bisa menimbulkankan berbagai permasalahan salah satunya adalah masalah kesehatan. bencana banjir memberikan dampak buruk bagi kesehatan, banyak penyakit yang timbul setelah terjadinya banjir. tentu hal ini perlu di waspadai sebab Penyakit yang timbul bisa berpeluang menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB). Berbagai penyakit akan muncul pasca banjir, penyebaran penyakit pasca banjir di kelompokan menjadi 3 yaitu, penyebaran melalui makanan dan minuman, penyebaran melalui nyamuk dan penyebaran melalui tikus. Berikut adalah penyakit yang timbul pasca banjir

Penyakit Pasca Banjir

  • Penyakit Infeksi Kolera, disentri rotavarius serta demam Typhus. Pasien dengan infeksi usus bisa datang dengan diare, muntaber. Penyakit Diare pernah menjadi KLB pada bencana banjir tahun 2007 di Jakarta. Penyebaran penyakit tersebut melalui makanan dan minuman.
  • Penyakit Dengue Hemorrhagic Fever (DHF) dan penyakit DBD. Penyakit ini juga sangat rentan terjadi setelah bencana banjir. penyebaran penyakit ini melalui gigitan nyamuk. Genangan air pasca banjir bisa memicu timbulnya nyamuk penyebar penyakit selain itu masih banyak sampah akibat banjir juga ikut berpengaruh dalam penyebaran penyakit ini
  • Penyakit Leptospirosis, penyakit ini dibawa melalui kencing  dan kotoran tikus dalam genangan banjir. Apabila kita mengalami luka terbuka pada tangan atau kaki atau mukosa mulut, maka air yang sudah tercemar dengan kotoran tikus yang sudah mengandung leptospirosis akan menular. Penyakit leptospirosis sangat berbahaya jika penyakit berlanjut dengan berbagai komplikasi antara lain terjadi kerusakan ginjal, peradangan pankreas, liver, paru dan otak.

 

Bagaimana Cara Mengantisipasinya?

  • Pastikan kita selalu mengkonsumsi makanan dan minuman yang bersih dan higienis. Lihat juga tanggal kadaluarsa dari makanan dan minuman yang kita konsumsi.
  • Diusahakan makanan yang dikonsumsi dalam keadaan fresh. Cuci tangan pakai sabun atau hand antiseptic. untuk menghindari infeksi usus. 
  • Menjaga kebersihan lingkungan, segera lakukan upaya kebersihan pasca terjadi banjir. pastikan juga tetap melindungi diri dalam melakukan kebersihan seperti menggunakan masker, sarung tangan dan memakai sepatu boot. Hindari luka yang dapat berpotensi masuknya kuman
  • Untuk anak-anak dan orang tua diberikan suplemen  yang berisi multivitamin dan mineral apabila terjadi keterbatasan makanan dan minuman dengan zat gizi yang lengkap yang bisa dikonsumsi sehari-hariakibat rumah dan lingkungan terkena banjir.
  • Perlu stok  obat-obat sederhana, obat penurun panas, obat anti diare, obat sakit kepala dan oralit.    Tujuan dari tindakan ini semua tentunya untuk mencegah agar kita semua terhindar dari penyakit pasca banjir yang sewaktu-waktu bisa mengenai siapa saja. 

  

http://www.pekalongankab.go.id/informasi/artikel/kesehatan/7876-waspada-penyakit-pasca-banjir-bisa-berpotensi-terjadi-klb.html

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait