Sekolah Siaga Bencana Akan Terus Ditingkatkan

Share
By Staff PKK March, 05 2016 Info Penting
Sekolah Siaga Bencana Akan Terus Ditingkatkan

Di Indonesia sering kali terjadi bencana, hampir semua jenis bencana pernah terjadi di indonesia dan dampak dari bencana yang di timbulkan pun tidak sedikit. Mulai dari korban jiwa hingga kerusakan fasilitas umum dan rumah penduduk. Namun sering nya terjadi bencana di indonesia, masyarakat indonesia hampir tidak bisa menguasai pendidikan tanggap bencana. Sebetulnya tanggap bencana sangat perlu di terapkan masyarakat indonesia agar sudah bisa menanggulangi dan merespon setiap bencana yang terjadi. Oleh sebab itu, perlu sekali untuk membekali masyarakat kita dengan pengetahuan cara menanggulangi setiap bencana.

Saat ini sudah di sediakan Sekolah Siaga Bencana. Program ini merupakan program baru yang akan di terapkan di beberapa sekolah, sekolah siaga bencana ini bertujuan agar warga sudah siap dan tanggap terkait bencana yang terjadi terutama anak mudah indonesia sehingga bisa menjadi bagian dari life skill. Program sekolah siaga bencana pernah di lakukan di SMUN 32 Jakarta Selatan, Sekolah tersebut mendapatkan pelatihan sekolah siaga bencana pada tahun 2015, siswa siswi dari kelas 10 dan 11 sangat antusias sekali mengikuti pelatihan. Pelatihan ini memberikan pembekalan agar anak muda bisa menanggapi dan bisa mengambil tindakan saat terjadi bencana.

Dalam sekolah siaga bencana yang dilakukan di SMUN 32, bukan hanya para siswa yang dilibatkan namun guru guru juga ikut terlibat. Guru guru mendapatkan pelatihan langsung dari 2 treiner yang sudah berpengalaman di bidangnya. Sekolah Siaga bencana ini merupakan kegiatan yang di lakukan oleh Management Institute of Indonesia/DMII-ACT dengan Bank Indonesia/BI. Kegiatan sekolah siaga bencana ini sudah menyebar di beberapa sekolah SMA di Wilayah Jakarta.

Nantinya program SSB (Sekolah Tanggap Bencana) akan di perluas hingga bisa menjangkau dan memberikan edukasi ke seluruh sekolah di seluruh indonesia. mengingat sering terjadi bencana di indonesia, baik dalam skala kecil ataupun besar oleh sebab itu anak muda kita perlu di bekali kemampuan dalam menanggapi bencana. Sehingga saat teradi bencana, anak muda indonesia sudah mengerti hal apa saja yang harus di lakukan terkait bencana.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait